Pengertian dan Fungsi Mesin Frais

Bagi orang yang sudah bergelut di dunia mesin dan perbengkelan pasti sudah umum dengan pengertian dan fungsi mesin frais. Para pelajar di perguruan teknik maupun SMK pasti memiliki pelajaran mengenai mesin frais pada kurikulumnya.

Mesin frais memiliki banyak jenis dan tipe mesin. Setiap tipe mesin memiliki tujuan penggunaan dan fungsi yang berbeda. Karena itu, mesin frais ini memiliki berbagai fungsi dalam dunia industri. Mulai dari fungsi pembuatan produk sampai fungsi repair atau perbaikan kembali.

Berikut ini adalah ulasan lebih lengkap mengenai mesin frais:

Pengertian Mesin Frais

Pembahasan pengertian dan fungsi mesin frais yang pertama adalah mengenai pengertiannya. Mesin frais merupakan mesin yang memiliki gerak utama memutar yang punya tujuan utama memotong permukaan yang ada di bawahnya.

Bilah yang ada di bagian bawah menjadi alat potong yang bisa dimanfaatkan untuk menyayat atau memotong suatu benda. Dengan menyesuaikan bentuknya, operator bisa menciptakan bentuk baru dari benda yang dipotong tersebut.

Karena gerakannya yang memutar ini, mesin frais menjadi ideal untuk digunakan memotong berbagai permukaan. Mulai dari permukaan benda rata sampai permukaan yang tidak teratur atau kasar. Gerakan memutar ini juga memungkinkan mesin frais untuk digunakan sebagai penggiling atau pemutar material.

Prinsip kerja mesin frais ada pada gerakan memutarnya pada bagian alat potong. Alat potong yang seringkali disebut sebagai pisau frais ini akan diputar oleh mesin. Kecepatan putarannya bisa diatur menggunakan panel control. Kemudian, operator tinggal memposisikan barang atau bahan yang akan dipotong mendekati pisau frais ini.

Tujuan utama penggunaan mesin ini memanglah untuk memotong dan membentuk bahan sesuai dengan yang diinginkan operator. Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, mesin frais memiliki banyak jenis dan tipe mesin.

Hal tersebut membuat mesin frais memiliki berbagai fungsi. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai fungsi mesin frais jika berdasarkan jenis dan tipe mesinnya.


Artikel Terkait: Jenis-jenis Mesin CNC


Fungsi Mesin Frais Berdasarkan Jenisnya

Pembahasan pengertian dan fungsi mesin frais selanjutnya adalah mengenai fungsi mesin. Fungsi mesin frais dapat dibedakan berdasarkan jenis dan tipe mesin yang digunakan.

Walaupun tujuan utamanya sama yaitu untuk memotong bahan yang diinginkan. Namun, hasil pemotongan yang diberikan akan berbeda.

Hal ini juga yang membuat mesin frais tipe tertentu lebih cocok dalam industri tertentu dibandingkan yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah pembahasan mengenai fungsi mesin frais jika didasarkan pada fungsinya.

Pemotongan Vertikal dengan Column Milling Machine

Mesin frais dengan tipe Column Milling Machine bisa dibilang merupakan mesin frais yang paling umum ditemukan.

Susunannya juga bisa dibilang merupakan yang paling sederhana jika dibandingkan dengan jenis dan tipe mesin frais yang lainnya. Pisau frais pada alat ini difokuskan untuk memotongan secara vertikal.

Karena berpusat pada kekuatan pisau fraisnya yang tangguh membuat tipe alat ini sangat cocok untuk pengeboran atau pemotongan logam. Selain itu ukurannya yang cenderung kecil membuatnya cukup praktis digunakan.

Pemotongan yang Fleksibel dengan Turret Milling Machine

Untuk fungsi pemotongan yang fleksibel dan menghasilkan banyak bentuk. Maka tipe Turret Milling Machine adalah yang paling tepat. Tipe mesin frais satu ini punya keunggulan dapat diposisikan ulang berkali-kali bahkan kapan saja operator mau. Menjadikan mesin ini yang paling fungsional dan fleksibel dibandingkan jenis yang lainnya.

Pemotongan dengan Sistem Hidrolik dengan C-Frame Milling Machine

C-Frame Milling Machine menggunakan sistem motor hidrolik untuk pemotongannya. Ukurannya yang tinggi, besar, dan kokoh seperti menara. Membuat mesin ini sangat populer di industri berat. Sangat diandalkan untuk memotong bahan-bahan logam yang tebal dan keras.

Memotong Horizontal dengan Horizontal Milling Machine

Seperti namanya, mesin ini fokus untuk pemotongan bahan secara horizontal. Mesin ini biasanya diletakkan sejajar di atas tanah. Bisa juga diletakan di atas meja atau permukaan rata lain. Objek akan digerakan dari samping sedangkan pisau frais bergerak secara vertikal.

Memotong Secara Memanjang Bed Type Milling Machine

Mesin frais tipe ini bukan berarti mesin diletakkan di atas tempat tidur. Tipe mesin frais satu ini punya bentuk yang memanjang dan diletakkan secara horizontal. Karena pisau fraisnya yang memanjang ini, membuat tipe mesin frais satu ini ideal untuk memotong bahan yang memanjang.

Rahasia pemotongan ini ada pada bagian lutut pada mesin yang dihilangkan. Jadi, tidak ada hambatan bagi operator untuk memotong benda yang berukuran panjang.

Penggilingan dengan Planer Style Milling Machine

Sebenarnya tipe mesin Planer Style Milling Machine punya konsep yang sama dengan Bed Type Milling Machine. Yaitu mesin tanpa bagian lutut agar memungkinkan untuk melakukan pemotongan memanjang.

Namun, hal yang istimewa dari tipe ini adalah desain dan perencanaan mesin yang unik pada bagian pisau fraisnya. Hal ini memungkinkan tipe mesin ini bisa melakukan aktivitas penggilingan bahan yang keras.

Memotong Sesuai dengan Cetakan dengan Tracer Controlled Milling Machine

Tipe mesin frais satu ini sering digunakan untuk mencetak bagian-bagian khusus dari sebuah mesin. Karena itu, mesin ini banyak digunakan dalam industri pembuatan bagian-bagian mobil. Tracer Controlled Milling Machine punya kemampuan untuk membuat kembali dan memotong sesuai model yang ditentukan.

Itulah pembahasan mengenai pengertian dan fungsi mesin frais. Mesin frais hadir dengan tipe, fungsi, spesifikasi dan standar tiap jenisnya. Dengan tipe dan spesifikasi yang sangat luas tersebut, para pengguna bisa memilih mesin frais sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan komentar