Jenis Mesin CNC

Mesin CNC memiliki peran penting dalam industri manufaktur. Mesin ini dikendalikan oleh komputer, sehingga dapat menghasilkan tingkat akurasi, konsistensi, dan efisiensi yang baik.

Dalam penggunaannya, mesin CNC memiliki beberapa jenis dengan fitur dan kegunaan yang berbeda-beda.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan berbagai macam jenis, perbedaan, beserta fungsinya.


Baca: Pengertian dan Fungsi Mesin Bubut


Jenis Mesin CNC

Mesin CNC dirancang untuk memproduksi berbagai macam barang, dengan demikian berikut adalah jenis mesin CNC yang umum digunakan.

CNC Milling

jenis mesin cnc milling
© justdial.com

Mesin CNC milling atau frais CNC milling     memiliki konfigurasi mulai dari 3 sampai 6 axis atau penggerak, memiliki fitur built-in sebagai pendukung dalam kegiatan potong-memotong dan pengeboran.

CNC milling sangat multifungsi karena dapat melakukan berbagai macam tugas antara lain:

  • Untuk menghaluskan
  • Untuk meratakan permukaan material datar maupun berlekuk
  • Untuk mengikis permukaan objek hingga mencapai dimensi yang diinginkan

Saat mesin beroperasi diperlukan pelumas agar alat tidak mudah aus.

CNC Lathe

jenis mesin cnc lathe
© stylecnc.com

CNC lathe memiliki fungsi untuk memotong benda kerja saat diputar, ia dapat melakukan pemotongan presisi dengan cepat menggunakan berbagai alat.

Jenis mesin ini memiliki sumbu lebih sedikit daripada mesin CNC milling, sehingga ukurannya lebih kecil namun solid dan tangguh.

CNC Router

jenis mesin cnc router
© autopro.hu

Mesin CNC router dapat membantu dalam pemotongan baja, kayu, aluminium, plastik, komposit, dan busa.

CNC router didesain khusus agar lebih kompatibel dengan pemrograman CNC (tidak memiliki human interface) sehingga kontrol hanya bisa dilakukan melalui komputer.

Cocok digunakan untuk pembuatan model prototipe dan desain kompleks, dengan mesin ini kamu juga bisa menemukan konfigurasi 3 sampai 6 axis.

CNC Plasma Cutting

jenis mesin cnc plasma
© cnclaserengraver.com

Mesin CNC plasma cutting banyak digunakan untuk memotong jenis logam plat dan bahan lainnya. Tingkat akurasi pada mesin ini sangat baik sehingga hasil pemotongan bisa lebih halus dibandingkan menggunakan mesin lain.

Sistem operasi utama pada mesin ini menggunakan obor plasma (plasma torch), dengan itu ia mampu mengasilkan panas hingga mencapai 28.000ºC.

Sehingga tenaga yang dihasilkan sangatlah tinggi bahkan mampu memotong material sekeras apapun bahkan logam berat, akan tetapi mesin ini hanya mampu bekerja dengan bentuk dua dimensi.

CNC Electric Discharge Machine

jenis mesin CNC Electric Discharge
© directIndustry.es

Mesin CNC electric discharge (EDM) dapat digunakan untuk membuat suatu objek menggunakan material khusus dengan cara mengatur sedemikian rupa guna mencapai bentuk yang diinginkan dengan bantuan percikan listrik.

Dalam proses ini material dikeluarkan dari benda kerja tertentu dengan serangkaian pelepasan muatan listrik yang berulang di antara di elektroda. Elektroda ini dipisahkan oleh fluida dielektri, yang sering menerima tegangan listrik.

Di mesin ini material ditempatkan di antara dua elektroda dan kemudian mesin menghitung untuk melihat pelepasan listrik yang dibutuhkan setiap elektroda untuk diproduksi.

CNC Laser Cutting

jenis mesin CNC Laser Cutting
© uti.edu

Jenis terakhir adalah mesin CNC laser cutting, sebenarnya mesin ini mirip seperti CNC plasma. Yang membedakan yaitu mesin ini sebagian besar digunakan untuk memotong dan sangat bagus untuk memotong logam, plastik, atau kayu dengan tekstur keras.

CNC Penekuk

CNC Pick adn Place

CNC Tube Bending

Tinggalkan komentar