Pengertian Tungsten Carbide

Apa itu Tungsten Carbide? Pengertian Tungsten Carbide mungkin masih asing bagi masyarakat awam. Namun dalam dunia industri, nama Tungsten Carbide tentu sudah tidak asing lagi. Penggunaan bahan logam Tungsten Carbide juga sudah meluas dan menjangkau berbagai bidang karena kelebihannya.

Bagi masyarakat awam, carbide dikenal dengan sebutan karbit. Sedangkan Tungsten Carbide adalah salah satu jenisnya. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Tungsten Carbide, artikel ini akan membahas lebih dalam tentang Tungsten Carbide, kelebihan kekurangan, dan kegunaannya.

1. Apa itu Tungsten Carbide?

Tungsten Carbide atau Tungsten Karbida adalah salah satu senyawa kimia logam. Senyawa ini diklaim memiliki kekuatan jauh diatas baja. Hal ini dikarenakan Tungsten Carbide memiliki kerapatan yang juga dua kali lipat jika dibandingkan dengan kerapatan senyawa baja.

Bahan mineral banyak ditemukan di Tiongkok yang juga sebagai pemasok utama. Setelah Tiongkok, negara lain yang juga kaya Tungsten Carbide adalah Vietnam juga Rusia. Negara Kanada juga pernah menjadi salah satu pemasok hanya saja kini Kanada harus menutup tambang Tungstennya.

Bahan logam yang biasa dikenal dengan nama karbit ini terbilang agak susah ditemukan. Pasalnya pemasok utamanya adalah Tiongkok, dan Tiongkok membatasi penyalurannya dengan ketat. Karenanya, Tungsten Carbide murni maupun olahannya menjadi benda yang lumayan diperhitungkan harganya.

2. Kelebihan Tungsten Carbide

Melihat luasnya penggunaan Tungsten Carbide yang disebutkan dalam pengertian Tungsten Carbide, tidak mungkin bahan logam ini tidak menawarkan kelebihan.

Tentu karena banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh bahan logam Tungsten Carbide, bahan ini semakin banyak digunakan. Berikut diantaranya:

1. Kuat

Jika dibandingkan dengan Baja, Tungsten Carbide dua kali lipat lebih kuat. Padahal Baja saja sudah memiliki kekuatan yang besar jika dibandingkan dengan logam lainnya.

Selain itu, kerapatan molekulnya juga lebih rapat. Hal ini membuat Tungsten Carbide kokoh serta mudah ditempa.

2. Tidak Mudah Rusak

Tungsten Carbide banyak digunakan untuk peralatan dengan kerja berat. Hal ini dikarenakan Tungsten Carbide terbukti tidak mudah rusak.

Tungsten Carbide dapat bertahan dalam suhu yang amat tinggi. Selain itu, bahan logam Tungsten Carbide tidak rawan karat sehingga bisa bertahan lama.

3. Harga Jual Tinggi

Tidak semua negara memiliki hasil tambang Tungsten Carbide. Sumbernya yang sedikit dan kian hari semakin sedikit membuat Tungsten Carbide menjadi barang langka.

Namun karena tingginya kebutuhan, maka Tungsten Carbide menjadi salah satu bahan logam dengan harga tinggi.

4. Mudah Didaur Ulang

Bahan Tungsten Carbide memang awet, namun tetap harus diganti secara berkala. Tenang saja, Tungsten Bekas sangat mudah dileburkan menjadi Tungsten Carbide Mentah.

Kemudian hasilnya masih bisa diperjualbelikan atau langsung dijadikan material alat Tungsten Carbide yang baru.

3. Kelemahan Tungsten Carbide

Disamping kelebihan yang dimiliki oleh bahan Tungsten Carbide, tentu saja ada kekurangan yang dimiliki.

Kelebihan dan kekurangan suatu bahan harus selalu disandingkan untuk pertimbangan saat menggunakannya. Berikut adalah kekurangan yang dimiliki oleh bahan logam Tungsten Carbide.

1. Tidak Tahan Material Abrasif

Meskipun Tungsten Carbide terlihat seperti bahan yang kokoh tanpa kelemahan, nyatanya material abrasif menjadi salah satu titik lemahnya.

Tungsten Carbide tidak bisa digunakan jika harus terjadi kontak dengan material abrasif. Hal tersebut akan membuat Tungsten Carbide terkikis dan rusak.

2. Kurang Elastis

Tungsten Carbide menjadi bahan logam yang diakui kekuatannya. Susunan molekul yang rapat membuat Tungsten Carbide tidak memiliki keelastisitasan. Karenanya, bahan ini harus dicampur dengan bahan elastis yang berarti harga produksi akan semakin tinggi.

3. Merusak Material Elastis

Karena sifatnya yang kokoh dan kuat, otomatis Tungsten Carbide memiliki tekanan yang tinggi. Dengan begitu, selain tidak elastis, Tungsten Carbide juga tidak ramah material elastis. Tekanan Tungsten Carbide terlalu tinggi bisa menyebabkan kerusakan seperti keretakan pada material elastis.

4. Resiko Keracunan

Tungsten Carbide merupakan senyawa logam yang juga memiliki kandungan karbon didalamnya. Karbon terbukti sebagai senyawa yang berbahaya bagi manusia, terutama pada sistem pernafasan. Karenanya, hindari menghirup udara pada kawasan industri.

4. Manfaat Tungsten Carbide di Berbagai Bidang

Melihat pengertian Tungsten Carbide, kekurangan juga kelebihan yang dimiliki, nyatanya logam Tungsten Carbide tetap memiliki banyak kelebihan. Hal ini membuat Tungsten Carbide menjadi andalan di berbagai bidang. Berikut adalah contoh penggunaan Tungsten Carbide:

1. Militer

Logam Tungsten Carbide telah diakui kekuatan dan kekokohannya. Maka dari itu, tidak heran jika bahan Tungsten Carbide digunakan di dunia militer. Penggunaannya adalah untuk bahan amunisi. Amunisi tentu harus terbuat dari bahan yang padat dan kuat bukan?

2. Olahraga

Selain bidang militer, bidang olahraga juga memerlukan bahan logam Tungsten Carbide. Tiang-tiang dalam olahraga yang biasa ditemui seperti tiang net juga terbuat dari Tungsten Carbide. Alasannya tentu saja karena bahan logam ini kokoh dan tidak mudah goyah.

3. Medis

Dalam bidang medis, Tungsten Carbide juga dibutuhkan sebagai bahan baku alat bedah operasi terbuka. Operasi tentu memerlukan alat yang selalu steril dan tidak berkarat. Karenanya, Tungsten Carbide menjadi bahan utamanya meskipun harganya sedikit mahal.

4. Barang Sehari-Hari

Selain dalam bidang-bidang tertentu, Tungsten Carbide bisa ditemukan dalam barang sehari-hari. Contoh yang paling mudah adalah pisau dapur.

Selain itu beberapa perhiasan, mata grafit pensil, serta ujung ulir bolpoin juga berasal dari bahan logam Tungsten Carbide dengan grade yang beragam.

Setelah mengetahui seluk-beluknya mulai dari pengertian Tungsten Carbide hingga kegunaannya, pasti tercipta sedikit gambaran tentang Tungsten Carbide. Ternyata bahan Tungsten Carbide sangat familiar dalam kehidupan sehari-hari. Ini bisa menjadi dasar untuk memilih alat atau bahan produksi industri.

Tinggalkan komentar