Resume Adalah, Pengertian, Contoh, dan Langkah-langkah Pembuatan yang Baik

Resume adalah – Kamu bingung membedakan antara Resume dan CV? Selamat kamu telah berada di tempat yang tepat, karena kali ini alihamdan akan membahas lengkap seputar resume. “Monggo disimak”

Kalau dilihat sekilas sih memang mirip, akan tetapi terdapat sedikit perbedaan yang mungkin belum kamu ketahui seperti isi, tujuan, dan panjang tulisannya.

Secara umum resume adalah sebuah data dokumen yang di dalamnya berisikan rangkuman dari pengalaman, keahlian, dan pendidikan seseorang yang ditulis tidak lebih dari dua halaman. Data-data tersebut harus disusun dengan teratur dan rapi agar mampu menarik perhatian pembacanya.

Adapun tujuan dituliskan resume ini yaitu untuk media penyampaian kualifikasi seseorang secara singkat, padat, dan jelas. Sehingga tidak sulit dipahami oleh si pembaca.

Perbedaan Resume dan CV

resume adalah
© thebalance.com

Dua hal ini merupakan persyaratan penting dan senjata wajib yang harus dibawa ketika kamu akan melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Meski begitu, beberapa orang masih meremehkan hal ini, entah karena tidak tahu atau malas membuatnya.

Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae (CV) atau biasa disebut dengan daftar riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang menerangkan secara rinci si pelamar, mulai dari tanggal lahir, pengalaman kerja, deskripsi pekerjaan, hingga pengalaman profesi, serta bidang akademik.

Pada umumnya CV ditulis dalam bentuk kronologis. Intinya kalau CV itu hanya perlu menambahkan data terbaru mengenai riwayat pekerjaan. Kamu juga bisa memodifikasi tulisan di dalam surat lamaran.

Dalam penulisan CV tidak ada batasan maksimal halamannya. Berbeda dengan resume.

Resume Adalah

Sedangkan resume hanya berisi tentang keahlian, pendidikan, pengalaman kerja, atau pengalaman dalam berorganisasi yang benar-benar relevan dan sesuai dengan posisi pekerjaan yang akan dilamar.

Di Amerika, CV biasa digunakan untuk kepentingan akademik seperti pengajuan proposal, permohonan beasiswa, dan semisalnya. Sedangkan resume dipakai untuk dunia kerja karena lebih ringkas dan jelas.

Sedangkan di Asia Timur, Tengah, dan sebagian Eropa CV digunakan untuk kepentingan akademik dan juga sebagai sarana melamar pekerjaan. Karena itu lah timbul pertanyaan, terus saya harus memakai yang mana?

Jawabannya adalah, pilih sesuai permintaan perusahaan, jika kamu malas nulis panjang resume adalah pilihan terbaik.

Contoh Resume

resume adalah
© thewisejobsearch.com

Setiap orang mungkin saja bisa menuliskan resume untuk dirinya, namun sangat jarang yang mampu membuatnya dengan baik dan profesional. Di Amerika dan Eropa terdapat banyak lembaga khusus yang menawarkan jasa pembuatan resume dan pelatihan pembuatan resume untuk para profesional muda.

Bagi mereka, data resume merupakan sebuah arsip yang begitu berharga karena data yang dituangkan harus jujur dan sangat teliti. Untuk mendapatkan resume yang bagus tentu dibutuhkan sedikit pengalaman atau contoh resume yang bagus dan pro.

Berikut ini akan saya berikan beberapa contoh resume bahasa Indonesia dan Inggris. Simak contohnya.

Contoh Resume Bahasa Indonesia

RESUME

[..Nama Lengkap..]

[..Alamat Lengkap..]

[..Nomor Telephon..]

[..Email..]

Data Pribadi

Tempat Tanggal Lahir :
Status :
Harapan Gaji :

Pendidikan

Kampus / Jurusan :
Lulus :

Kursus

Komputer (Microsoft Exel, Word, Corel Draw, Power Point, dan Internet) 1996
Bahasa Inggris (Conversation) 1994

Pengalaman Kerja

PT. Airlangga Setia Sentosa – Manager Marketing 2000 – 2008
Royal Laudry – Staf CEO 1999 – 2017

Penghargaan

Karyawan terbaik di PT. Airlangga Setia Sentosa pada tahun 2000 – 2008
Contoh Resume Bahasa Inggris

[..Name..]

[..Adress..]

[..Telephone/HP..]

[..Email..]

Academic Qualification

Got a bachelor degre in commerce ini […..] from […..] University.

Completed a public administrtion certificate course ini […..]

Extra Activities

Have been directly associated with the administrative sevices by working with scial organizations and contributing in unearthing the perpetuated social problems through my write ups, articles and journals.

Rundimentary stage of the employement or Intership.
Worked as a receptionist cum telephone operator in a print media till 1 and half years.
Served telecoms company to promote its mobile phones in the competitive world market bringing a huge profit to it.

Efficiency

Have made a remarkable contribution in producing a documentary film to be screened on how to improve the living standard by adopting some aspecific tips.

Professional Experience

Currently serving an oil producing company […..] since [….] as an […..].
Have adopted several market strategis to argument its production and sales on the basis of a balance maintaining between supply and demand.
Mooted out a formula to reduce its maximum budget getting siphoned off regularly on trivial advertisings.
In […..] by joining a software company as an assistant production manager analyzed financial and statistical data and revived current and fixeed assts, liabilities, revenues, and expenses.
Resume Bahasa Inggris

[…Name…]

[…Address..]

[…Telephone/HP…]

\
[…E-mail…]

Objektive

To hold the position of Senior Accountant Resume for an excellent career in the field of Accountancy.

Personal Profile

Own a better knowledge in the management of A/R, A/P Accounts.

Capable of converting the data on high tech system to keep the informations at a click away distance and prossessing a unique power of keeping all the account administration under control.

Professional Expeince

– FG Finance Group, […..]- Presently serving

– Accountant

Controlled the company’s entire financial system lookng after Peroidan and General Reconciliation, Cash flow and management.

Maintained the gneral ledger system, oversaw the month end and year end audit repots, financial report, budgets and variance analysis.

Performed bookkeeping jobs, apart from debtors, contract payments, payroll, management accounts and profit and loss by flights.

– GHF Limited, Canada, [….-…..]

– Assistant Accountant

Maintained the operations of the accounts payable systems with vendors.

Maintained the capital assets, handled the depreciation schedules and reconciliation of financial institutes.

Educatin

Graduation in MBA.

Skills

Controlling and managing power with softest touch of suggestions, instructions and maifestation of the norms. Computer skilled and best command over the language.

Langkah-langkah Membuat Resume yang Baik

resume adalah
© abilitiesatwork.ca

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu akan menulis sebuah resume, antara lain yaitu:

  • Pilih MS Word, tujuannya untuk mempermudah kamu dan HRD, usahakan tidak terlalu panjang, buatlah tulisan singkat, padat, da jelas.
  • Pada bagian pertama, isi data diri dengan benar, setidaknya ada nama lengkap, nomor telephone, alamat, dan email aktif.
  • Tulis riwayat pendidikan lengkap dengan kualifikasinya (jurusan).
  • Tulis pengalaman kerja lengkap dengan jabatan kamu saat bekerja dan apa saja yang dibebankan kepada kamu (tanggugjawab).
  • Sebelum mengakhiri, cek terlebih dahulu setiap kalimat atau ejaan dalam setiap resume yang kamu buat (pastikan tidak ada kesalahan di dalamnya).
  • Terakhir, perhatikan juga permntaan HRD, apabila kamu tidak diminta fotocopy referensi atau sertifikat, kamu tidak peru menyertakannya. Hal ini bisa kamu bawa nanti ketika ada
  • panggilan wawancara kerja.

Perhatikan Juga Hal Berikut

  1. Membaca teks atau naskah asli
  2. Menentukan dan mencatat gagasan utama
  3. Mulai menulis ringkasan (resume)
  4. Membaca kembali ringkasan yang telah dibuat

Tinggalkan komentar