Pengertian dan Contoh Manufaktur

Istilah manufaktur tentu sudah tidak asing lagi karena sering diperbincangkan, bahkan menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Bagi segelintir orang masih belum mengerti dengan seksama mengenai pengertian dan contoh manufaktur. Untuk itu, perlu mengetahui informasi tersebut sebelum membahasnya lebih lanjut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengertian manufaktur merupakan poin penting yang harus dipahami. Hal tersebut dikarenakan manufaktur memegang peranan yang penting bagi kehidupan masyarakat dari segi ekonomi.

Berikut adalah informasi mengenai pengertian manufaktur yang dapat disimak dengan baik.

Apa yang Dimaksud Dengan Manufaktur?

Manufaktur merupakan badan usaha yang bekerja untuk memanfaatkan bahan baku menjadi barang yang siap untuk digunakan dengan skala produksi yang sangat besar.

Badan usaha ini juga melayani pembuatan bahan baku menjadi barang yang masih setengah jadi serta barang yang setengah jadi menjadi barang siap pakai. Perusahaan yang merakit motor ataupun mobil pun tergolong ke dalam perusahaan manufaktur.

Informasi tentang pengertian dan contoh manufaktur sering dicari karena perusahaan manufaktur seringnya membuka lapangan pekerjaan secara luas. Bergerak dalam bidang usaha yang besar, maka membutuhkan karyawan yang banyak serta mesin yang canggih guna menghasilkan barang dalam waktu singkat.

Perusahaan manufaktur juga memperhatikan SOP yang telah dibuat guna menjaga keselamatan para karyawan dan juga menghasilkan produk yang berkualitas. Pembuatan produk tersebut biasanya dibuat berdasarkan dengan kebutuhan pasar. Nantinya produk akan didistribusi ke konsumen melalui perantara tertentu.

Contoh Manufaktur yang Bergerak di Indonesia

Pengertian dan contoh manufaktur tentu banyak sekali sehingga menandakan bahwa negara tersebut semakin maju bidang ekonominya.

Semakin banyak perusahaan manufakturnya, maka semakin sedikit pengangguran yang ada di Indonesia. Bagi yang masih penasaran dengan contoh perusahaan manufaktur, berikut akan disajikan informasi menariknya:

Otomotif

Meskipun Indonesia memiliki merk motor ataupun mobil terkenal namun manufaktur otomotif pun sudah ada di Indonesia. Tugas dari perusahaan manufaktur tersebut adalah merakit motor atau mobil sehingga layak digunakan dan dapat dijual ke konsumen. Perakitan tersebut tentu membutuhkan tenaga ahli yang sudah berkompeten dan peralatan yang canggih.

Orang yang bekerja di manufaktur otomotif ini harus bekerja sesuai dengan SOP yang berlaku dan tetap harus berhati-hati. Perakitan pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan agar tidak membahayakan bagi pada konsumen yang telah menggunakan. Tetaplah bekerja dengan konsentrasi yang penuh agar tidak ada satu bagian pun yang terlupakan.

Tekstil & Garmen

Tekstil merupakan industri manufaktur yang mengolah kapas menjadi benang kemudian dibuat menjadi kain. Hasil akhir dari kain tersebut nantinya akan dibuat menjadi sebuah pakaian yang layak pakai dan dapat dijual ke seluruh penjuru negeri. Bahkan, pakaian yang kualitasnya bagus dapat didistribusikan ke luar negeri untuk mengharumkan nama Indonesia.

Industri tekstil begitu menjamur di Indonesia sehingga pantas jika banyak sekali masyarakat yang mulai berpindah ke sektor ini. Bahkan, karyawan baru yang belum mendapatkan bekal menjahit pun siap ditraining agar dapat bekerja. Tekstil ini kebanyakan berada di kota-kota besar sehingga usahanya menjadi lebih maju. Perusahaan yang sudah terkenal adalah PT Sri Rejeki Isman.

Elektronik

Pengertian dan contoh manufaktur yang selanjutnya adalah elektronik. Karakteristik dari manufaktur ini sama halnya dengan industri otomotif yang menggunakan teknologi canggih untuk menghasilkan suatu barang. Hasil produksi manufaktur ini dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari sehingga usahanya harus selalu dijalankan oleh produsen. Dijamin tak akan sepi peminat.

Contoh hasil dari manufaktur elektronik ini adalah kulkas, laptop, mesin cuci, dispenser, televisi, dan barang elektronik yang lainnya. harga dari barang elektronik tersebut sangat bervariasi sesuai dengan model dan juga kecanggihannya. Perusahan tekstil Indonesia yang sudah mengepakkan sayapnya hingga ke seluruh penjuru negeri adalah Maspion Electronics, Philips, Samsung, dan lainnya.

Kerajinan

Indonesia tidak pernah kehabisan orang-orang yang kreatif sehingga pantas jika industri kerajinan begitu banyak. Bahkan, hasil kerajinannya pun sudah dikirim hingga ke luar negeri sehingga kualitasnya memang tidak perlu diragukan lagi. Hasil kerajinan tersebut tidak luput dari para pengrajin yang memulai usahanya dari nol hingga mencapai kesuksesan sekarang ini.

Jenis produk yang berasal dari manufaktur kerajinan ini ada banyak sekali, seperti kain tenun, pahatan batu, ukiran kayu, keramik, dan lainnya. kebanyakan produk tersebut membawa ciri khas dari daerah masing-masing sehingga terlihat unik sekali. Kerajinan yang dibuat secara manual dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi akan dijual dengan harga yang lumayan mahal.

Makanan dan Minuman

Masyarakat Indonesia memang sudah terkenal konsumtif sehingga manufaktur makanan dan minuman tidak pernah sepi peminat. Kuncinya adalah menyediakan makanan dan minuman yang disukai oleh masyarakat sehingga permintaan pasar akan selalu meningkat setiap waktunya. Sajikanlah makanan dan minuman yang berkualitas agar konsumen tidak merasa kecewa.

Industri ini bergerak dengan mengolah bahan baku menjadi makanan siap santap. Jangan lupa pula untuk mendesain kemasan yang menarik agar banyak yang meminatinya. Perusahaan manufaktur yang sudah terkenal sampai saat ini adalah PT Indofood, Grub Mayora, Dua Kelinci, dan lain-lain. Semua produk perusahaan tersebut mudah sekali ditemui di sekeliling rumah.

Informasi mengenai pengertian dan contoh manufaktur yang telah dipaparkan di atas sangat bermanfaat sekali untuk pembaca. Selain dapat mengerti pengertian dari manufaktur, pembaca juga dapat mengetahui apa saja perusahaan manufaktur yang bergerak di Indonesia.

Tentu saja informasi tersebut akan menambah wawasan dan tidak bingung lagi jika ditanya mengenai perusahaan manufaktur di Indonesia.

Tinggalkan komentar