5 Daftar Oli Motor Tua Terbaik

Motor tua masih saja digemari oleh sebagian orang untuk melakukan perjalanan. Meskipun terlihat jadul, namun motor yang satu ini tetap saja unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Umumnya motor yang sudah tua memiliki harga relatif lebih tinggi apabila dibandingkan versi terbaru. Hal tersebut dikarenakan sudah langka.

Kalau ngomongin soal motor tua tentu saja tidak lepas dari yang namanya perawatan, terutama pada saat penggantian oli mesin. Umumnya kekentalan oli untuk motor tua lebih kental dari pada oli biasanya.

Hal ini dilakukan agar oli bisa memenuhi kebutuhan motor tersebut. Kental dan encernya dapat dikira-kirakan sendiri oleh sang pemilik. Pemiliki motor perlu untuk melihat spesifikasi motor sebelum menentukan oli yang tepat untuk motor kesayangannya.

Definisi Motor Tua

Banyak yang beranggapan bahwa motor yang sudah tua dilihat dari segi tahun pembuatannya. Anggapan demikian sah-sah saja, namun kurang pas karena definisi motor tua bisa juga dihitung dari berapa kilometer yang pernah ditempuh oleh motor tersebut.

Sejalan dengan hal tersebut, biasanya untuk ukuran motor yang sudah tua dapat diukur dengan mesin yang telah melampaui puluhan ribu kilometer.

Motor yang sudah tua harus diperlakukan secara khusus agar tetap awet dan dapat dipakai secara terus menerus. Salah satu komponen yang tidak boleh diabaikan begitu saja adalah masalah oli.

Pada motor tua, oli yang digunakan tidak sama dengan oli untuk motor terbaru. Oli untuk motor tua memiliki spesifikasi yang khusus. Yang harus diperhatikan dalam memilih oli adalah bahan dasar mineral yang berkualitas.

Dengan begitu motor tidak akan mudah rusak. Oli yang dipilih sebaiknya bisa dan cocok dipakai untuk motor yang telah menempuh jarak lebih dari dua ribu kilometer. Pemilihan oli yang cocok akan membantu merawat motor.


Artikel Terkait: Rekomendasi Oli Motor 2 Tak


Rekomendasi Oli Motor Tua Terbaik

Oli untuk mesin tua dapat ditemukan dengan mudah di pasaran sehingga pengendara tidak perlu pusing memikirkannya. Pemilihan oli ini harus tepat dan sesuai dengan spesifikasi dari motor yang dimiliki.

Apa saja oli motor tua yang memiliki kualitas tinggi? Berikut adalah rekomendasi yang cocok untuk dibeli:

Evalube 4T Runner

Bahan dasar material dari pelumas yang satu ini sangat berkualitas. Oleh karena itu oli ini dapat membantu merawat motor tua. Selain itu, terdapat pula viscosity improver yang tinggi sehingga mampu untuk menjadikan kinerja dari pelumas mesin ini lebih konstan.

Tentu saja Evalube 4T Runner sudah terbukti cocok digunakan untuk motor tua.

Kualitas olinya yang mumpuni menjadikan oli sangat pas dipakai pada motor yang sudah menempuh jarak lebih dari 2000 kilometer. Kekentalan oli ini mencapai 20-40W sehingga cocok digunakan untk motor yang memiliki kubikasi 100cc sampai 250cc.

Para pelanggan juga telah memberikan testimoni bahwa oli ini membuat kendaraan nyaman dikendarai jika oli ini semakin sering digunakan.

Yamalube

Produk keluaran dari Yamaha ini tidak mau kalah saing dengan produk yang telah dipaparkan di atas. Terdapat beragam pilihan yang bisa digunakan untuk motor Yamaha yang memiliki model 2-tak versi lama. Bahan yang digunakan untuk membuat olinya berasal dari sintetis secara keseluruhan. Harganya pun tidak terlalu mahal yaitu berkisar 66 ribu rupiah.

Versi Yamaha Super Matic dilengkapi dengan partikel molybdenum yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kesekan yang sering terjadi pada mesin motor. Fungsi dari pelumas ini pun bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan tenaga pada setiap rentang putaran dari mesinnya. Hal tersebut akan mejadikan mesin lebih awet lagi.

AHM Oil

Siapa yang tidak kenal dengan produk ini. Tentu saja banyak yang sudah mengenalinya karena AHM Oil merupakan produk buatan dari Honda dan cocok sekali dipakai untuk motor Honda. Pemilik motor tua Honda pun sangat direkomendasikan sekali untuk menggunakan oli motor tua ini. Terdapat dua varian produk yang dapat dipilih yaitu SPX dan juga MPX.

Varian SPX dirancang dengan material sintetis secara keseluruhan sehingga aman sekali untuk mesin. Cairan MPX ini telah dilengkapi dengan oli berbahan mineral. Karenanya lah oli ini sudah terjamin kualitasnya, terlebih untuk motor tua yang harus menggunakan oli yang kental.

Federal Oil

Di negara Indonesia, kiprah dari Federal Oil tidak perlu dipertanyakan lagi karena sudah terbukti berkualitas. Peminat dari merk oli ini pun cukup banyak dan mayoritas dari mereka sudah berlangganan oli ini. Harga yang ditawarkan dari produk ini tidaklah mahal sehingga semua lapisan masyarakat dapat membelinya dengan mudah.

Ferela Oil Supreme xx30 adalah jenis oli yang paling direkomendasikan. Secara kekentalan, oli ini sangat cocok untuk motor tua karena sangat kental. Dengan memakai oli ini, motor tua pengguna akan jauh lebih awet.

Castrol Go 4T 20W-40

Oli ini dibuat dengan mempertimbangkan banyak faktor. Formular pengendapan adalah salah satu contohnya. Hal tersebut dianggap mampu untuk menghindari adanya endapan karbon saat mesin dihidupkan sehingga mesinnya pun menjadi lebih handal.

Castrol dibuat dengan dasar oli mineral berkualitas tinggi sehingga cocok digunakan untuk motor 4-tak. Motor tua pun sangat recommended sekali menggunakan ini.

Beberapa rekomendasi oli motor tua yang telah disajikan di atas dapat dijadikan sebagai referensi yang menarik dalam memilih oli yang tepat untuk motor

Ketahuilah karakteristik motornya dengan baik agar dapat segera menentukan oli mana yang paling tepat untuk digunakan.

Tak masalah jika ingin mempertahankan motor tua di rumah karena pilihan oli tersebut bisa membantunya.

Tinggalkan komentar