Cara Mengatasi Gmail yang Lupa Password

Sering kali orang mengalami lupa password gmail. Apabila hal tersebut terjadi pada kamu, google sudah mengantisipasi hal tersebut melalui tiga pilihan yang berbeda guna mengembalikan akun gmail anda seperti pertanyaan keamanan, alamat email pemulihan, serta nomor telepon.

Selain ketiga pilihan tersebut, kamu dapat juga menggunakan aplikasi kode verifikasi pada google authenticator atau authy.

Apabila ketiga pilihan tersebut tidak dapat dilakukan oleh anda, maka dapat dipastikan untuk mengakses akun gmail kamu akan sulit untuk kamu dapatkan kembali.

Untuk itu sebagai antisipasinya, kamu disarankan untuk memilih satu dari ketiga pilihan tersebut saat melakukan pendaftaran gmail. Lalu jangan sampai kamu melupakan jawaban dari pertanyaan, serta nomor telepon yang kamu gunakan.

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail

Untuk mengatasi lupa password pada akun gmail kamu, ada beberapa pilihan yang dapat kamu lakukan untuk memulihkan akun anda kembali dengan cara:

1. Pertanyaan Keamanan

Untuk dapat menggunakan cara ini, beberapa pertanyaan keamanan harus telah kamu tentukan sebelumnya, apabila belum, kamu juga dapat menggunakan pilihan 2 ataupun pilihan 3.

Cara ini dapat kamu lakukan dengan cara:

  1. Akses laman https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=id
  2. Masukkan alamat maupun nomor telepon yang sudah kamu gunakan dalam login pada akun google anda, lalu klik tombol “berikutnya”.
  3. Masukkan password lama akun google kamu yang pernah kamu gunakan sebelumnya yang anda ingat (ini untuk kasus apabila kamu pernah mengganti password lebih dari satu kali). Kemudian klik tombol “berikutnya”
  4. Klik tautan “coba pertanyaan yang lain”.
  5. Kemudian, kamu dapat melakukan klik untuk tautan “coba pertanyaan yang lain” hingga keluar laman pertanyaan keamanan.
  6. Setelah itu kamu dapat memasukkan jawaban atas pertanyaan keamanan yang sudah anda buat. Untuk contohnya seperti menggunakan pertanyaan keamanan “what was your first teacher’s name?” kemudian klik tombol “berikutnya” guna melanjutkan.
  7. Untuk pertanyaan keamanan akun google apabila kamu lupa password gmail bisa jadi berbeda, karena tergantung pada pertanyaan keamanan apa yang pernah kamu pilih sebelumnya.
  8. Untuk halaman selanjutnya, silahkan kamu masukkan bulan serta tahun akun gmail kamu dibuat, lalu klik tombol “berikutnya”.
  9. Untuk langkah terakhir, apabila bulan serta tahun yang kamu masukkan sesuai, maka selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan password baru. Kemudian setelah memasukkan password baru, kamu dapat mencoba untuk login kembali pada akun gmail menggunakan password yang sudah anda buat.

2. Dengan Alamat Email Pemulihan

Pemulihan keamanan selanjutnya yang dapat kamu coba saat lupa password gmail yaitu dengan menggunakan alamat email pemulihan.

Akan tetapi cara ini memiliki syarat yaitu bahwa kamu sebelumnya pernah menambahkan alamat email lain pada akun google anda serta mempunyai akses pada email pemulihan yang kamu masukkan, apabila belum kamu dapat mencoba cara yang ke 3.

Untuk langkah pemulihan akun gmail dengan menggunakan alamat email pemulihan adalah dengan cara sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu kamu harus mengakses halaman https://account.google.com/signin/recovery?hl=id
  2. Kemudian akan diminta untuk memasukkan alamat email kamu dan klik tombol “berikutnya”.
  3. Lalu anda akan diminta untuk memasukkan password. Setelah itu klik tautan “coba pertanyaan yang lain”.
  4. Kemudian akan keluar kolom isian guna memasukkan alamat email pemulihan. Masukkan alamat email pemulihan kamu pada kolom tersebut. Apabila tidak muncul, kamu dapat melakukan klik pada tautan “coba tautan yang lain” hingga kamu menemukan halaman email pemulihan. Setelah itu klik tombol kirim guna melanjutkan.
  5. Setelahnya akan muncul kolom isian guna memasukkan kode verifikasi yang telah dikirim pada alamat email pemulihan kamu.
  6. Kemudian buka akun gmail pemulihan kamu dengan menggunakan browser yang berbeda apabila menggunakan email gmail. Kemudian cek email masuk yang dikirim dari google dengan judul “kode verifikasi google”.
  7. Selanjutnya kamu akan menjumpai kode verifikasi yang telah dikirimkan google.
  8. Kemudian kembali lagi pada halaman untuk memasukkan kode verifikasi pada langkah ke 5. Kemudian masukkan 6 digit kode tersebut, lalu klik tombol “berikutnya”.
  9. Setelah itu akan muncul halaman guna memasukkan password baru. Silahkan kamu dapat memasukkan password baru kamu sebanyak dua kali, lalu klik tombol “ubah sandi”.
  10. Jika password yang telah anda masukkan sudah tepat dengan aturan yang ada dari google, maka proses reset lupa password gmail anda sudah berhasil dilakukan.

3. Dengan Nomor Telepon Pemulihan

Apabila kedua pilihan sebelumnya tidak bisa kamu lakukan, maka kamu dapat menggunakan reset password gmail melalui nomor telepon pemulihan. Lupa password gmail dapat dipulihkan dengan cara ini apabila sebelumnya kamu pernah memasukkan nomor telepon yang kamu tambahkan pada kun gmail kamu. Langkah ini dapat kamu lakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Pertama kamu harus mengakses tautan berikut https://account.google.com/signin/recobery?hl=id
  2. Kemudian masukkan alamat email kamu serta klik tombol “berikutnya”.
  3. Di halaman setelahnya, apabila kamu diminta untuk memasukkan password yang pernah kamu gunakan silahka klik link “coba pertanyaan yang lain” sampai muncul halaman verifikasi melalui ponsel kamu.
  4. Lalu masukkan nomor telepon kamu dengan lengkap dan kill tombol “kirim sms”.
  5. Cek sms yang telah masuk pada nomor tadi, setelah itu masukkan kode yang telah kamu terima pada kolom isian verifikasi kode. Kemudian klik tombol “berikutnya” guna melanjutkan.
  6. Setelah itu kamu dapat melihat halaman untuk mengubah password gmail kamu. Lalu masukkan password baru kamu sebanyak dua kali, dan klik tombol “ubah sandi”. Pada langkah ini, proses untuk mengubah password gmail kamu sudah selesai.

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail pada HP Android

Apabila kamu lupa akan password google pada HP android kamu, ternyata masih ada beberapa kesempatan untuk memulihkannya lagi yaitu dengan cara:

  1. Buka aplikasi google play store.
  2. Pilihlah menu setting (pengaturan), kemudian pilih “Require aunthentication for purchases (ini sangat perlu karena untuk autentikasi dalam pembelian).
  3. Pilihlah setting maupun setelan, kemudian klik “for all purchases ataupun untuk semua pembelian.
  4. Apabila kamu takut proses ini akan memotong banyak pulsa, maka gunakan nomor dengan pulsa yang sedikit ketika akan melakukan pembelian aplikasi.

Setelah kamu yakin telah melakukan langkah tersebut, kamu dapat melakukan reset password akun gmail kamu di hp android dengan cara:

  1. Buka aplikasi google play store.
  2. Apabila aplikasi berbayar dapat kamu beli misalnya seharga 25.000 kemudian klik “accept”.
  3. Selanjutnya klik “continue”.
  4. Klik payman method, misalnya Enable XL Axiata billing, isi data dan save.
  5. Kemudian klik buy, kemudian klik “forgot password
  6. Pilih akan membuka dengan browser apa.
  7. Setelah muncul pertanyaan pilih “I will don’t know
  8. Reset on my android untuk confirm password.
  9. Pilih yes/ok pada halaman “tried to reset your password?”.
  10. Isikan kata sandi baru, kemudian pilih “change password

Setelah mengetahui beberapa cara di atas untuk memulihkan password akun gmail kamu. Setelah mendapatkan password baru, kamu dapat mengingat ataupun menulisnya supaya tidak lupa lagi.

Tinggalkan komentar