Tanaman Perdu – Tanaman Hias Cocok Untuk Mempercantik Rumah

Di Indonesia tanaman perdu lebih dikenal sebagai tanaman rias/hias. Ciri khas tanaman perdu yaitu ketinggiannya tidak lebih dari 6 meter, walaupun umurnya sudah tua.

Biasanya tanaman ini di tanam di bagian pekarangan rumah. Hal ini karena selain ketinggiannya yang tidak seberapa, juga dikarenakan tampilan dari tanamannya yang beragam dan unik sehingga cocok sebagai hiasan.

1. Jenis-jenis Tanaman Perdu

jenis tanaman perdu

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa tanaman ini memiliki banyak jenis atau variasi.

Sebagian besar sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman hias di pekarangan rumah, namun tak sedikit juga yang berkembang secara liar dan dibiarkan asal merambat padahal jika dirawat tentu akan terlihat jauh lebih baik.

Apa saja jenis tanaman perdu? Berikut ini daftarnya:

1.1. Bunga Asoka

bunga asoka (tanaman perdu)

Tanaman ini akan mudah kamu jumpai di berbagai pekarangan seperti pekarangan rumah, kantor, atau bahkan sekolah.

Bunga ini memiliki banyak warna mulai dari merah, merah jambu hingga kuning, bentuknya yang seperti kembang api menjadikan bunga ini memiliki daya tarik tersendiri.

Selain penampilannya yang menarik, bunga ini juga dikenal memiliki ketahanan yang baik terhadap berbagai gulma dan hama, sehingga cocok dipasang sebagai tanaman rias karena tidak mudah mati dan layu.

Jika sedang mekar bunganya akan menggumpal dan terlihat mencolok kontras dengan daunnya yang hijau pekat.

1.2. Rembusa Mini

Bunga rombusa min
© saga.co.uk

Berbeda dengan variasi sebelumnya, jenis rembosa mini merupakan salah satau tanaman hias yang memang lazim diperjualbelikan.

Jika bunga soka biasanya dibiarkan tumbuh dengan liar di pekarang rumah, maka bunga ini banyak dicari orang untuk dijadikan pajangan di taman atau di kebun rumah.

Bunga ini warnanya putih dan pola tumbuhnya bisa teratur dan tertata rapi sehingga cocok di taruh di kebun atau taman yang memiliki konsep minimalis.

Meskipun yang paling terkenal adalah bunga putihnya, namun jenis rembosa mini ini ada juga yang berwarna hijau, kuning bahkan hingga emas dan silver.

Harganya pun bervariasi tergantung ukuran dan warna bunga yang dicari.

1.3. Tanaman Ekor Tupai

tanaman ekor tupai
© tokopedia.com/miraclegrass/

Tanaman perdu yang satu ini tentu sudah bisa ditebak bentuknya. Dari namanya, kamu bisa mengetahui bahwa ekor tupai memiliki kemiripan dengan ekor hewan tupai. Namun, inilah yang justru menjadi daya tariknya.

Pertumbuhan daunnya memanjang tegak ke atas tetapi jika dipegang cukup halus dan mudah rapuh. Jika hendak menanam tanaman ini, perlu kamu ketahui bahwa maksimal tinggi yang bisa dicapai adalah 1 meter saja.

Dengan begitu, ciri khas tanaman ini sangat cocok jika dijadikan pencuri perhatian di kebun rumah kamu.

1.4. Tanaman Bromelia

Tanaman Bromelia

Tanaman ini tentu tidak asing lagi bagi kamu. Jika kamu pernah melihat tanaman hias yang bentuknya menyeruapai ujung daun buah nanas, tanaman hiastersebut merupakan tanaman bromeliad.

Banyak yang sudah familiar dengan bentuknya tetapi memang jarang mengetahui nama atau sebutan dari tanaman ini.

Biasanya tumbuhan ini dipasang pada kawasan-kawasan wisata untuk memberikan kesan asri namun mewah.

Yang menarik dari tanaman ini adalah perpaduan warna merah dan hijau pada daunnya.

Dan stau hal yang perlu kamuketahui adalah, ketinggian tanaman ini yang bisa mencapai 10 meter.

Lalu mengapa tumbuhan ini masuk kategori sebagai tanaman perdu? Karena perawatan tanaman ini yang harus dipotong sehingga tetap terlihat rapi dan pertumbuhannya teratur.

1.5. Tanaman Mirten

© Lazada.co.id

Tanaman perdu lainnya yang juga sudah cukup popular di masyarakat adalah tanaman mirten. Tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman hias bonsai yang dipasang di kebun atau taman depan rumah.

Rantingnya yang kecil dengan daun hijau dan batang yang keras adan kokoh sangat cocok untuk memberikan kesan elegan pada kebun kamu.

Selain keindahannya, beberapa faktor lain yang menjadikan tanaman ini sebagai idola adala pertumbuhannya yang cepat dan perawatannya yang mudah.

1.6. Lili Paris

Bunga lili paris
© Amazon.com

Bunga lili paris lebih sering terlihat sebagai tanaman hias gantung karena memang pertumbuhannya yang cepat sehingga tampak lebih cantik jika digantungkan dan dijadikan sebagai tanaman hias.

Atau bisa juga diletakkan di tanah sebagai tanaman penghias tanah. Hal ini juga lazim dijumpai di kebun-kebun perkantoran.

Perawatannya yang mudah menjadikan tumbuhan ini sangat direkomendasikan untuk kamu jadikan tanaman rias di rumah kamu.

1.7. Tanaman Philodendron

Tanaman Philodendron

Philodendron adalah sejenis tumbuhan dari suku Araceae, yang mempunyai banyak spesies.

Tanaman yang sering diidentikkan dengan iklim tropis ini cocok digunakan sebagai hiasan di rumah yang memiliki konsep minimalis.

Daunnya hijau asri dengan batang yang kokoh dan ketinggian maksimalnya masih cocok untuk dipasang di kebun depan rumah.

Tanaman perdu ini bisa dipasang biasa atau digantung sehingga pertumbuhannya dibiarkan menjalar.

Perawatan tanaman philodendron ini tergolong mudah karena tidak memerlukan intensitas cahaya yang tinggi jadi bisa kamu letakkan di dalam ruangan asalkan masih mendapatkan cahaya matahari pagi.

1.8. Azalea

Bunga azalea
© ava7.com

Bunga azalea juga dikembangkan sebagi tanaman hias populer, di alam liar ia biasa tumbuh di daerah rawa.

Sebagian azalea tumbuh besar di Asia Timur dan Amerika Utara, biasanya bunga mekar pada bulan Juni dan merontokkan daunnya pada musim gugur (terutama pada spesies Amerika) sedangkan pada (spesies Asia daunnya akan hijau sepanjang tahun).

Warna bunganya sangat beragam mulai dari putih, merah, kuning, ungu, hingga merah muda.

1.9. Deutzia

Bunga Deutzia

Tanaman deutzia baik ditanam pada lingkungan dengan sinar matahari penuh, namun jangan lupa menyiramnya ketika tanah sudah mulai terlihat kering.

1.10. Rhododendron

Tanaman Rhododendron

Tahukah kamu jika bunga rhododendron yang terkanal bunga asal Jepang termyata bunga asli Indonesia lho.

Adapun spesies yang hidup alami di Indonesia adalah:

  • Rhododendron album
  • Rhododendron javanicum
  • Rhododendron loerzingii
  • Rhododendron wilhelminae
  • Rhododendron radians
  • Rhododendron rhodopus
  • Rhododendron seranicum

Bunga ini memiliki banyak warna sesuai denga spesiesnya, bunganya juga cantik, dan tahan rontok (bahkan kuat 1 minggu walaupun dalam kondisi sudah dipotong).


Lihat Juga Artikel Ini: Tanaman Ini Sangat Trend dan Mahal Pada Masanya


2. Tips Merawat Tanaman Hias di Rumah

tips merawat tanaman hias di rumah
© youtube.com

Agar tanaman hias kamu bisa tetap mekar dengan cantik, maka perlu dialkukan perawatan.

Tak pelru khawatir, karena perawatan yang kamu lakukan tidak harus perawatan yang mahal dan menguras kantong melainkan bisa dengan perawatan yang sederhana tetapi teratur dan terjadwal.

Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk merawat tanaman hias kamu? Berikut ini beberapa langkahnya:

2.1. Perhatikan tempat tanaman hias kamu

Pastikan bahwa tempat kamu meletakkan tanaman hias harus sesuai dengan kebutuhan tanaman itu sendiri.

Jika tanaman tersebut membutuhkan banyak cahaya untuk pertumbuhannya makan jangan sekali-kali kamu menoba menaruhnya di dalam rumah yang menyulitkan cahaya masuk.

2.2. Jadwal menyiram tanaman tidak sembarangan

Perlu juga kamu ketahui bahwa tidak semua tanaman harus disiram pagi dan sore. Ada beberapa tanaman hias yang hanya perlu disiram sehari sekali karena jika terlalu banyak maka akan memperbesar kemungkinan akarnya busuk.

2.3. Pemasangan ajir sesuai dengan kebutuhan

Ada banyak tanaman hias yang memang lebih bagus jika dibiarkan merambat, untuk itu biasanya pemiliknya akan membuat ajir atau penopang untuk digunakan sebagai tempat merambat dari tumbuhan tersebut.

Namun pemasangan ajir juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi jika ajir yang dipasang justri menghalangi tumbuhan mendapatkan sinar matahari tentu akan bermasalah.


Lihat Bunga Cantik Lain: Jenis Bunga Tulip yang Bikin Semua Orang Indonesia Pingin Memilikinya


3. Manfaat Tanaman Perdu di Kebun Rumah

Gambar orang berkebun di rumah
© WhichToBuy.co.uk

Selain sebagai tanaman hias yang akan mempercantik kebun rumah kamu, tanaman perdu yang dirawat dengan baik bisa digunakan sebagai pagar rumah jika pertumbuhannya baik dan teratur.

Selain itu, dengan adanya tanaman hias di rumah kamu tentunya akan memberikan lebih banyak produksi oksgen di pekarangan rumah kamuyang bisa memberikan kesan sejuk.

Berbagai kelebihan yang ditawarkan dengan menanam tanaman hias tentunya membuat tekad kamu untuk menanam tanaman perdu semakin kuat, bukan?

Ada baiknya kamupilih tanaman perdu yang sesuai dengan lingkungan rumah kamudan sesuaikan juga dengan kebutuhan kebun kamu.

Jangan sampai tanaman yang ada justru membuat rumah kamuterkesan tidak terawat.


Daftar Tanaman Sayur Cepat Panen Bisa Untuk Pemasukan Harian


 

Tinggalkan komentar