Apa Itu Polishing Mobil?

Mobil merupakan aset yang cukup penting saat ini, beberapa orang memiliki hobi untuk mengoleksi mobil. Oleh karena itu biasanya orang-orang akan melakukan perawatan dan memperbaiki mobil untuk menjaga mobil, salah satunya adalah polishing. Polishing adalah proses perbaikan yang penting pada mobil.

Disebut proses yang penting karena polishing bisa memperbaiki tampilan cat dari mobil. Jadi jika ada goresan atau kerusakan dari cat mobil, harus segera diperbaiki dengan proses polishing ini. Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang polishing:

Pengertian Polishing

Polishing adalah perbaikan dan perawatan pada cat mobil yang dilakukan dengan mengikis dan meratakan permukaan cat mobil. Jadi jika warna cat mobil sudah kusam dan ada beberapa goresan pada cat mobil maka harus segera dilakukan proses polishing. Hasil dari polishing ini membuat cat mobil jadi mengkilap lagi.

Sebagai pemilik mobil tentu ingin mobil selalu tampak seperti baru dan terlihat mulus tanpa adanya goresan. Maka dari itu, polishing adalah proses perawatan mobil yang penting untuk mengatasi adanya goresan. Ini penting terutama bagi yang sering membawa mobil untuk perjalanan jauh atau untuk pekerjaan berat.

Tapi sebaiknya jangan sering-sering melakukan polishing mobil. Terlalu sering polishing mobill bisa menyebabkan cat mobil jadi rusak. Jadi cukup lakukan polishing jika goresan atau warna cat pada mobil sudah rusak.

Tahapan Polishing Mobil

Tahapan Polishing Mobil

Proses polishing mobil ini tidak bisa dilakukan secara instan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Ada beberapa tahapan polishing mobil yang wajib dilakukan, antara lain:

Pembersihan Mobil

Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah pembersihan mobil. Pastikan debu dan kerak pada cat mobil dibersihkan dengan benar. Jadi mobil harus dalam keadaan yang bersih sebelum masuk ke tahap selanjutnya. Karena jika ada debu atau kotoran yang tertinggal maka akan merusak tahapan polishing yang selanjutnya.

Proses pembersihan mobil ini bisa dilakukan dengan mencuci mobil terlebih dahulu, setelah itu lakukan metode claying. Metode claying ini dianggap cukup ampuh untuk mengangkat berbagai jenis kotoran yang menempel di cat mobil. Setelah itu tunggu hingga mobil kering.

Kompon

Kompon atau dalam bahasa inggris disebut dengan compound ini merupakan proses untuk menghilangkan goresan dan meratakan permukaan mobil. Jadi tahapan ini cukup penting dalam proses polishing mobil. Setelah melakukan tahapan ini, tampilan cat mobil akan jadi cerah dan goresan akan menghilang.

Meskipun kondisi cat mobil jadi membaik, tapi bukan berarti proses polishing langsung selesai setelah tahapan ini. Proses kompon ini dilakukan dengan memoles kompon ke area permukaan mobil yang tergores dan catnya memudar. Jika terjadi kesalahan saat proses kompon ini, maka bisa menyebabkan kerusakan baru pada mobil.

Jadi tahapan kompon ini harus dilakukan dengan hati-hati. Dibutuhkan kejelian dan kemampuan khusus untuk mengaplikasikan kompon pada mobil. Oleh karena itu biasanya proses ini dilakukan di bengkel mobil.

Glaze

Setelah menyelesaikan tahapan kompon dan tampilan mobil sudah jadi lebih mulus, selanjutnya adalah tahapan glaze. Tahapan glaze ini dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran setelah melakukan tahapan kompon sebelumnya. Jadi cat mobil akan tampak lebih mengkilap dan bersih.

Pada tahapan inilah biasanya akan memakan biaya yang cukup besar. Karena ada beberapa komponen yang berbeda di setiap merk glaze. Ada yang bisa mencerahkan warna cat, ada yang hanya akan membersihkan sisa kompon dan lainnya. Jadi hasilnya akan tergantung dengan produk glaze yang digunakan.

Finishing

Selanjutnya adalah tahapan finishing, tapi bukan akhir dari proses polishing ini. Tahapan ini dilakukan dengan menggunakan obat khusus finishing agar tampilan cat tampak mengkilap dan basah. Biasanya akan digunakan foam poles yang halus untuk meratakan obat finishing ini pada permukaan mobil.

Coating

Pada tahapan ini ada proses pre coating dan coating. Tahapan pre coating ini dilakukan dengan obat khusus pre coating untuk memperkuat hasil polishing sebelumnya. Pre coating ini juga wajib dilakukan sebelum masuk ke tahap coating.

Jika sudah selesai, maka tahapan terakhir adalah coating. Tahapan coating ini dilakukan untuk melindungi cat mobil setelah proses polishing agar cat lebih tahan lama. Terdapat cairan khusus untuk coating mobil yang setelah digunakan akan melapisi setiap bagian cat mobil.

Manfaat Polishing Mobil

Setelah mengetahui tahapan panjang dari polishing, selanjutnya ketahui beberapa manfaat dari polishing mobil. Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan setelah melakukan proses polishing mobil ini, yaitu:

Mobil Lebih Mudah Dibersihkan

Setelah melakukan proses polishing ini, permukaan mobil jadi lebih mudah dibersihkan karena hasilnya permukaan mobil jadi licin. Selain itu tahapan kompon juga berguna agar debu jadi tidak mudah menempel di permukaan mobil. Jadi cukup siram mobil dengan air maka mobil akan tampak lebih bersih.

Tampilan Mobil Semakin Kinclong

Manfaat utama dari polishing ini adalah untuk menghilangkan goresan dan kerusakan pada mobil. Oleh karena itu setelah melakukan proses polishing, keadaan mobil akan tampak lebih kinclong. Goresan akan menghilang dan hasilnya mobil akan lebih licin, mengkilap dan tampak baru.

Cat Mobil Jadi Lebih Tahan Lama

Proses polishing ini akan melindungi cat mobil dari kotoran, debu dan juga sinar matahari, jadi cat mobil jadi lebih awet dan tahan lama. Karena sinar UV dari matahari bisa merusak kondisi cat mobil. Jadi penting untuk melakukan polishing untuk merawat cat mobil.

Setelah mengamati penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa polishing adalah proses perawatan mobil yang penting. Karena hasilnya bersifat jangka panjang dan bermanfaat untuk melindungi tampilan mobil. Agar mobil lebih tahan lama, jangan lupa untuk melakukan perawatan dan perbaikan mobil, salah satunya adalah polishing.

Tinggalkan komentar