Pengertian dan Jenis Kikir

Perkakas untuk bekerja saat ini semakin beragam. Baik itu berjenis konvensional maupun dengan teknologi, keberadaan peralatan tersebut tidak lain untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Seperti halnya kikir, perkakas kerja satu ini ternyata tidak hanya satu macam saja. Jenis kikir dan fungsinya perlu diketahui agar penggunaan kikir saat bekerja dapat sesuai dengan kebutuhan.

Berbagai hal bisa dilakukan dengan menggunakan kikir seperti memangkas, memotong, menyesuaikan suatu bentuk dan lainnya.

Oleh karena itu, seseorang yang pekerjaannya berkaitan dengan logam atau kayu perlu mengetahui jenis dan kegunaan kikir dengan benar. Lalu apa itu kikir dan untuk apa saja fungsinya? Berikut uraian selengkapnya:

Pengertian Kikir?

Apa itu kirir? Kikir merupakan salah satu peralatan kerja yang banyak digunakan di dunia pemesinan teknik bubut. Kikir sendiri merupakan salah satu perkakas yang berguna untuk membentuk suatu benda hingga mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Perkakas tangan ini bekerja dengan cara mengikis benda yang dikenainya. Beberapa menggunakan kikir sebagai teknik pengerjaan dasar dan sebagian lain memanfaatkannya untuk merapikan dalam sentuhan akhir.

Baja berkarbon tinggi yang memiliki banyak titik potong merupakan bahan utama pembuatan kikir. Dengan material tersebut, kikir didesain memiliki banyak gigi pemarut. Jenis kikir dan fungsinya disesuaikan dengan kebutuhan kerja agar pekerjaan semakin mudah.

Sebelum mesin semakin berkembang, kikir banyak digunakan untuk membentuk benda kerja. Sampai saat ini pun kikir masih digunakan dalam pekerjaan teknik.

Beberapa Jenis Kikir dan Fungsinya

Setiap gigi pemarut yang ada pada kikir memiliki bentuk yang berbeda-beda. Hal tersebut disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan dibantu oleh kikir. Ada kikir yang digunakan untuk menghaluskan benda, meratakan dan menyiku di antara dua bidang dan lainnya. Untuk semakin memperdalam pengetahuan tentang kikir, berikut beberapa jenis kikir dan fungsinya:

Kikir Bulat

jenis kikir bulat dan fungsinya

Nama dari jenis kikir biasanya disamakan dengan bentuk atau kegunaannya agar mudah untuk diingat. Sejalan dengan namanya, kikir bulat berbentuk bulat dengan gerigi atau gigi pemarut di sekitarnya.

Kikir jenis ini digunakan sebagai alat untuk menggosok atau menghaluskan lubang kunci yang memiliki diameter kecil.

Kikir Kasar

Nama lain dari kikir kasar adalah bastard. Tingkat kekasaran dari kikir kasar atau kikir bastard biasanya dimanfaatkan untuk pengerjaan di tahap awal.

Dengan profil gigi yang sangat menonjol, kikir ini dapat digunakan untuk benda-benda yang tebal. Adapun jarak antar gigi pemarut cukup renggang untuk memudahkan pekerjaan.

Kikir Rata

Jenis kikir dan fungsinya ini memiliki penampang dengan bentuk persegi panjang. Kikir rata dirancang dengan desain yang berbeda yakni bagian lebarnya yang runcing serta kikirnya yang tebal.

Gigi potong ganda dapat dipotong di muka sementara gigi potong sederhana menggunakan bagian tepinya. Fungsi kikir rata adalah untuk mengurangi permukaan yang datar dengan mengisinya.

Kikir Sedang

Dengan tingkat kekasaran medium atau sedang, kikir ini banyak digunakan untuk pekerjaan yang ringan. Sebelum finishing menggunakan kikir halus, kikir sedang dapat digunakan sebagai tahap utama penghalusan.

Jika dibandingkan dengan kikir bastard, kikir sedang memiliki gigi pemarut yang sedikit lebih rapat jaraknya.

Kikir Halus

Disebut juga dengan smooth, kikir halus sering kali dimanfaatkan pada tahap finishing pengerjaan suatu barang atau pahatan. Gigi pemarutnya dibuat lebih rapat dari kikir biasanya agar dapat menghaluskan benda dengan mudah.

Kikir ini akan digunakan saat menghaluskan permukaan untuk menghasilkan ukuran dan bentuk benda yang presisi.

Kikir Segitiga Lancip

Jenis kikir ini disebut juga dengan kikir pisau atau knife files. Bentuk kikir segitiga lancip menyerupai segitiga sama kaki dengan sudut terkecil yang cocok untuk mengikir celah-celah yang kecil.

Para pekerja dapat menggunakan kikir ini untuk mengasah gigi gergaji yang memiliki sudut tidak lebih dari 60 derajat.

Kikir Double Cut

Memiliki gigi ganda, kikir double cut dilengkapi dengan dua baris gigi pengikir yang bersilangan satu sama lain pada sudut tertentu. Persilangan sudut pertama 40 hingga 45 derajat dan yang kedua pada sudut 70 hingga 80 derajat.

Dengan bentuk ini, kikir dapat memotong logam dengan cepat namun tidak mampu menghaluskan sehingga termasuk dalam kikir tipe kasar.

Kikir Setengah Bulat

kikir setengah bulat

Dengan bentuk setengah bulat yakni satu sisi melengkung dan sisi lainnya rata, kikir ini banyak digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada lubang.

Kikir setengah bulat juga banyak dimanfaatkan untuk mengatur kembali suatu lubang sehingga mendapatkan bentuk yang sempurna.

Kikir Curved Cut

Dengan nama lain kikir vixen, jenis kikir dan fungsinya ini sebagian besar dimanfaatkan untuk memperhalus permukaan lebar pada logam lunak. Sebut saja aluminium, tembaga, seng hingga kuningan dapat dibuat halus permukaannya menggunakan kikir jenis curved cut.

Kikir Rasp Cut

Salah satu ciri yang mudah dikenali pada kikir rasp cut adalah gigi-gigi tebal yang dengan bentuk khas. Gigi pemarutnya ada pula yang berbentuk segitiga. Pengerjaan karet keras, kayu, tanduk hewan hingga plastik dapat memanfaatkan gigi pemarut dari jenis kikir rasp cut ini.

Kikir Pisau

Jenis kikir satu ini memiliki ketebalan dan panjang kikir yang sama dengan kikir bastard atau kikir kasar. Dari segi kegunaan, kikir pisau lebih banyak digunakan untuk wedging atau operasi slotting yang dilakukan dalam proses pengerjaan barang.

Kikir Cincin Setengah Lingkaran

Bagian dalam cincin biasanya dikikir atau dihaluskan dengan kikir jenis ini. Kikir cincin setengah lingkaran memiliki bentuk yang meruncing pada bagian lebar dan ketebalannya. Jika dibandingkan dengan jenis lain, kikir ini terbilang cukup sempit karena harus muat pada bentuk cincin yang tidak besar.

Itu tadi jenis kikir dan fungsinya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan menghaluskan atau membentuk suatu benda.

Dengan menggunakan kikir, jumlah zat yang berlebih dapat dihilangkan pada pekerjaan workpiece. Maka dari itu, kikir sangat berguna bagi pengerjaan kayu dan logam.

Tinggalkan komentar