Nama Organ Gerak Ikan Beserta Fungsinya

Sebagai makhluk hidup normal tentu setiap hari akan terus bergerak tak terkecuali dengan ikan.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sebagian besar ikan selalu bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain, proses migrasi tersebut tentu saja dibarengi gerakan.

Nah, pada bab kali ini saya akan membahas apa saja organ gerak pada ikan beserta fungsinya secara mendetail.

1. Cara Ikan Bergerak

Umumnya ikan melakukan gerakan yaitu berenang, berbeda dengan manusia ikan berenang menggunakan metode:

  • Kontraksi dan relaksasi bergantian dengan otot tubuh (miomere). Selama berenang ikan akan bersosialisasi dari sisi ke sisi menunjukkan undulasi lateral
  • Beragam gerakan sirip
  • Mengeluarkan air secara tiba-tiba sebagai bentuk jet dari lubang insang.

Ikan juga memiliki bentuk yang berbeda-beda, ikan air laut dan ikan air tawar ada yang berenang di permukaan dan ada yang di dasar.

Ikan-ikan terbang di samudera mampu meloloskan diri dari mangsanya dengan mengumpulkan kecepatan di atas permukaan air, menggunakan lobus bawah dari ekor yang kemudian akan memberikan dorongan dari dalam air.

2. Nama Organ Gerak Ikan

Pada dasarnya ikan melakukan gerakan menggunakan 2 anggota badannya yaitu:

  • Sirip
  • Ekor

Sirip terdiri dari beberapa jenis. Dan ekor sebenarnya masih termasuk dalam kategori sirip, berikut adalah penjelasannya.

Baca Ini Juga: Sistem Pencernaan Pada Manusia

2.1.Fungsi Sirip Pada Ikan

Sirip adalah organ menonjol dari tubuh yang ditutupi dan dihubungkan oleh selaput kuli. Fungsi utama pada sirip adalah untuk membantu ikan berenang, walapun terkadang dijadikan sebagai alat untuk meluncur atau merangkak, seperti halnya pada ikan terbang dan ikan kodok.

1. Sirip Punggung

Sirip punggung adalah sirip yang letaknya ada di bagian dorsal tubuh ikan, berfungsi dalam stabilitas saat berenang. Bersama dengan sirip anus membantu ikan untuk bergerak memutar.

2. Sirip Dada

Sirip dada letaknya ada di pertengahan tinggi pada kedua sisi tubuh ikan (posterior operculum). Sirip dada memiliki fungsi untuk pergerakan ke samping, maju, dan diam.

3. Sirip Perut

Sirip perut letaknya di bagian perut ikan, berfungsi membantu menstabilkan ikan ketika berenang dan membantu dalam menetapkan posisi ikan di suatu kedalaman.

4. Sirip Anus

Sirip anus terletak di bagian ventral tubuh di daerah posterior anal, berfungsi sebagai pembantu dalam stabilitas saat berenang.

5. Sirip Ekor

Sirip ekor yang ada di bagian posterior tubuh memiliki fungsi sebagai pendorong utama ketika ikan berenang (maju) juga sebagai kemudi saat bermanuver.

6. Adipose Fin

Sirip ini keberadaannya tidak ada pada semua jenis ikan. Letaknya ada di dorsal tubuh, sedikit di depan sirip ekor.

Itulah penjelasan singkat, padat, dan jelas mengenaik nama-nama organ gerak pada ikan lengkap beserta fungsinya.

Lihat Artikel Lainnya: Jenis Ikan Cupang Paling Populer dan Mahal

Tinggalkan komentar