Pengertian Merica dan Mengenal Berbagai Manfaatnya

Ngomongin soal merica tentu ibu dapur sangat familiar karena banyak digunakan dalam bumbu masakan.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa bumbu dapur yang satu ini tidak hanya berguna sebagai bumbu pelengkap masakan saja, ia juga menyimpan beberapa manfaat bagi tubuh.

Lalu, bagaimana cara membedakannya dengan bumbu dapur lainnya? Bagaimana mengetahui produk yang berkualitas?

Berikut adalah kumpulan informasi terkait merica yang perlu kamu ketahui untuk menambah wawasan.

Bagaimana Memilih Merica yang Berkualitas Baik?

Sekilas bentuk dari rempah ini selalu sama saja dan tidak tampak perbedaan yang signifikan antara satu dengan lainnya. Akan tetapi ada cara khusus yang bisa kamu coba untuk mengetahui mana produk berkualitas dan kurang berkualitas.

1. Perhatikan Teksturnya

Cara pertama untuk mengetahui kualitasnya yaitu dengan cara menyentuh permukaannya.

Produk dengan kualitas yang baik biasanya teksturnya kasar dan tidak halus, sehingga ketika disentuh terkesan keriput. Dengan permukaan yang keriput kita bisa tahu bahwa bumbu dapur ini dalam proses pengeringannya sangat sempurna sehingga termasuk ke dalam produk yang berkualitas tinggi.

Namun, jangan sampai Anda menemukan produk yang di dalam kemasannya terdapat terlalu banyak remahan. Karena itu artinya bumbu dapur ini tidak segar dan sudah lama disimpan. Meskipun tidak berbahaya tapi lebih baik mencari yang masih segar.

2. Cium aroma yang keluar dari bumbu dapur ini

Sebagai bumbu dapur, seharusnya merica memiliki aroma yang sedap dan menyengat. Maka, dalam proses pemilihan bumbu dapur ini, Anda bisa mencoba untuk mencium aromanya.

Apabila aromanya apek dan tidak menyengat artinya produk tersebut sudah tidak baru atau bahkan sudah tidak layak digunakan.

3. Perhatikan warnanya

Ada dua jenis warna untuk merica. Yang pertama dalah warna hitam, maka seharusnya bumbu dapur ini berwarna hitam bukan abu-abu atau bahkan warnanya pudar.

Sedangkan warna yang kedua adalah warna putih. Untuk jenis yang putih, warna yang dimiliki harusnya bukan warna putih sempurna namun lebih ke arah abu-abu atau krem.

4. Perhatikan proses penyimpanannya

Jika sudah berhasil membeli bumbu dapur yang berkualitas, maka tugas Anda adalah bagaimana agar bisa menyimpan bumbu dapur tersebut agar tetap dalam kondisi baik.

Untuk itu, Anda perlu tahu bahwa sebaiknya rempah ini disimpan di dalam toples dengan suhu ruang. Selain itu jangan ditaruh di dalam kulkas atau di letakkan dekat dengan daging karena bisa membuat bumbu anda terkontaminasi bakteri.

Dalam memilih jenis rempah bubuk, mungkin Anda akan sedikit kesulitan, namun ada satu hal yang harus diketahui bahwa jangan memilih bumbu dapur yang satu ini jika warnanya terlalu mendekati putih karena ada kemungkinan bumbu dapur ini di oplos dengan bahan lainnya yang tidak alami.

Berbagai Manfaat Merica yang Jarang Diketahui Orang

Selain bisa menyedapkan makanan, ternyata bumbu dapur yang satu ini menyimpan segudang manfaat yang mungkin jarang diketahui oleh orang-orang. Salah satu di antaranya bahkan bisa mencegah timbulnya penyakit kanker.

1. Membantu meringankan sakit pada rematik dan asam urat

Untuk bisa mengobati penyakit ini, Anda harus mencampurkan beberapa bahan di antaranya adalah satu sendok merica, daun pepaya, temu ireng, dan daun tarum, dan sedikit garam. Jika sudah mengumpulkan bahan-bahan ini kemudian tumbuk kesemuanya menjadi satu.

Jangan lupa tambahkan air panas ke dalam campuran ini dan airnya dpat Anda minum dengan dosis dua kali dalam satu hari.

2. Mengobati bentol akibat gigitan nyamuk

Setelah mendapat gigitan nyamuk, biasanya akan ada bekas bentol yang merah dan gatal. Hal ini tentu sangat menggangu. Untuk itu, Anda bisa mencegah datangnya nyamuk dengan menggunakan campuran merica dengan minyak nimba dan air panas.

Setelah campurannya menghangat, tambahkan ragi kemudian di tutup dengan penutup yang sedikit dilubangi.

Aroma yang dihasilkan dari campuran ini akan bisa menolak nyamuk masuk ke dalam ruangan anda. Selain itu, aroma ini juga tidak begitu menyengat bagi indera penciuman manusia sehingga masih bisa ditoleransi.

3. Membantu menghilangkan bekas jerawat

Jika Anda memiliki masalah membandel dengan adanya bekas jerawat pada kulit muka anda, tentunya Anda akan sangat membutuhkan bantuan dari bumbu dapur yang satu ini. Bukan dengan cara dikonsumsi melainkan Anda bisa mengolahnya menjadi amsker.

Haluskan bumbu dapur ini dengan air panas yang kemudian tinggal Anda pakai di bagian wajah yang memiliki bekas jerawat. Masker ini akan membantu Anda mengatasi maslaah bekas jerawat yang membandel.

4. Mengurangi bau tak sedap pada ketiak

Permasalahan bau tak sedap pada ketiak kadang memang sangat mengganggu, bahkan hal ini bisa mengurangi rasa percaya diri pada anda. Untuk itu, Anda harus segera mengatasinya. Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan bumbu dapur yang satu ini.

Caranya, haluskan bumbu dapur yang satu ini kemudian campurkan dengan daun sirih dan juga minyak zaitun. Oleskan larutan tersebut ke bagian ketiak Anda secara rutin. Maka lama kelamaan akan mengurangi bau ketiak tersebut muncul.

5. Mencegah munculnya kanker prostat

Siapa sangka bumbu dapur yang satu ini bisa membantu kesehatan tubuh Anda untuk mencegah munculnya kanker prostat.

Dengan mengkonsumsi minuman larutan yang mengandung merica di dalamnya, Anda bisa mengurangi kemungkinan terkena kanker prostat. Sehingga ramuan ini sangat dianjurkan terutama bagi para pria.

6. Mengontrol kadar gula dalam darah

Minyak lada, menurut penelitian, dapat mencegah munculnya penyakit diabetes tipe 2, itu artinya minyak lada mampu mengurangi besarnya kadar glukosa dalam darah sehingga bisa mengontrol gula darah.

Kandungan dalam rempah yang satu ini yang berfungsi untuk mengontrol gula darah ini adalah peperin yang memang banyak ditemukan pada bumbu dapur.

Mengenal Perbedaan Lada dan Ketumbar

Merica merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa mengeluarkan rasa pedas dan aroma yang mneyengat. Penggunaan lada ini sudah banyak dijumpai di berbagai jenis masakan Indonesia. Orang sering salah kaprah menganggap bahwa meric dan lada adalah dua hal yang berbeda. Padahal sebenarnya keduanya sama saja.

Bedanya adalah, jika merica merupakan bumbu dapur yang bentuknya masih kasar dan belum ditumbuk, sedangkan lada adalah bumbu dapur yang sudah ditumbuk atau dihaluskan sehingga bentuknya seperti bubuk.

Lalu, apa bedanya dengan ketumbar? Ketumbar merupakan bumbu dapur yang berbeda dari dua istilah tadi. Ketumbar adalah bumbu dapur yang bentuknya bulat dan berwarna kuning agak keemasan.

Jika dibandingkan dengan lada, tentunya butiran ketumbar jauh lebih halus dan jika disentuh bisa lebih rapuh karena tekstur di dalamnya yang kosong dan dari segi rasa tentu tidak sepedas lada.

Setelah memperoleh banyak sekali informasi terkait bumbu dapur yang mampu memberikan rasa pedas sekaligus bisa digunakan dna dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan ini, apakah Anda mulai tertarik untuk menanam sendiri bumbu dapur ini di rumah anda?

Tinggalkan komentar