Pilihan Undangan Pernikahan

Hubungi Kami

Tentang Undangan Pernikahan

Apa Fungsi Undangan Pernikahan?

Mendekati hari pernikahan, banyak persiapan-persiapan yang harus sudah dilakukan. Mulai mencari gedung pernikahan, catering prasmanan, baju pengantin dan juga makeup pengantinnya, serta berbagai persiapan lainnya.

Tapi bagaimana rasanya bila pernikahan kamu tidak ada yang menghadiri? Kemeriahan pesta pernikahan tidak hanya tentang siapa yang akan duduk bersama kamu di pelaminan saja tapi juga untuk orang-orang terdekat dan teman-teman yang menghadiri pesta pernikahan kamu. Oleh karena itu, peran undangan menjadi penting.

Bagaimana teman dan kerabat kamu bisa mengetahui pesta pernikahan yang kamu senggelarakan bila kalian tidak memberikan undangan? Yaps, oleh karena itu undangan pernikahan merupakan salah satu hal wajib yang harus dipersiapkan.

Bahan Cetak undangan pernikahan

1. Kertas Art Paper

Kertas undangan dengan art paper ini memiliki permukaan yang licin dan semi doff (matt). Selain untuk kebutuhan cetak undangan, jenis kertas ini juga sering digunakan untuk mencetak Majalah, brosur, atau Flayer.

Cetakan yang dihasilkan oleh kertas ini lebih bagus dibandingkan jika dicetak dengan menggunakan kertas HVS. Hal ini karena rasternya halus dan tidak menyerap cat. Sehingga diperoleh warna yang lebih solid. Terlebih bila dilaminating glossy/doff maka warnanya akan terlihat lebih mencolok dan maksimal lagi.

2. Kertas Art Carton

Kertas undangan Art Carton ini kurang lebih hampir sama dengan kertas art paper. Yang membedakan yaitu kertas undangan Art Carton dengan Art Paper adalah ketebalannya. Kertas satu ini juga bisa digunakan untuk mencetak Cover Buku, Kartu Nama, dan lain sebagainya.

3. Kertas Ivory

Kertas Undangan Ivory ini kurang lebih sama seperti Art Carton. Yang membedakannya adalah Art Carton 2 sisi kertasnya licin namun kertas Ivory hanya 1 permukaannya yang licin. Jenis kertas undangan yang satu ini biasanya digunakan untuk mencetak undangan full colour. Selain itu jenis kertas ini juga bisa digunakan untuk mencetak Paper Bag dan juga kotak Cosmetic karena kertas ini mempunyai ketebalan yang cukup dan kokoh.

4. Kertas Jasmine

Kertas undangan jasmine adalah salah satu kertas yang paling banyak atau sangat umum digunakan untuk keperluan cetak undanan. Kertas ini memiliki gliter-gliter berwarna yang memberikan kesan elegan dan mewah pada kertas ini. Oleh sebab itu jenis kertas ini banyak dipakai untuk jenis undangan mewah. Kertas ini mempunyai banyak jenis warna diantaranya ada warna krem, abu-abu, putih, biru muda, dan masih banyak lagia.

5. Kertas BW atau BC/Linen/Concord

Jenis kertas yang stu ini memiliki permukaan berteksture. Biasanya sering digunakan juga digunakan untuk mencetak Kop Surat/Sertifikat, kartu nama, dll.

Bagaimana membuat undangan pernikahan?

1. Desain dan Cetak Undangan Pernikahan Sendiri

Apa salahnya jika mendesain dan mencetak undangan Anda sendiri? bila kalian tidak terlalu mahir membuat undangan, kalian juga bisa meminta bantu kepada teman yang bisa melakukannya untuk Anda.

Selain bisa low budget untuk cetak undangan, dengan cara ini juga bisa membuat undangan Anda jadi lebih sesuai dengan karakter yang diinginkan Anda dan pasangan.

Setelah kalian selesai menentukan desain undangan, kalian tinggal menyesuaikan kertas apa yang akan kalian gunakan untuk mencetak undangan Anda.

2. Template undangan pernikahan gratisan

Anda yang tidak jago desain juga tidak perlu khawatir kalau mau mencetak undangan sendiri. Saat ini ada banyak jenis template undangan yang bisa Anda temukan, unduh, dan gunakan secara gratis dari internet. Dengan menggunakan cara ini, kalian bukan hanya bisa menghemat budget undangan saja, tapi hal ini juga bisa menghemat waktu Anda cukup banyak.

3. Tulis Tangan undangan pernikahan Sendiri

Punya tulisan tangan yang bagus? Kenapa ngga nyoba membuat undangan yang ditulis tangan sendiri? dengan cara ini akan sangat membatu dalam menghemat biaya undangan yang harus kalian keluarkan. Selain itu, dengan membuat undangan pernikahan yang ditulis tangan sendiri, undangan kalian akan terasa lebih unik dan personal.

4. Menggunakan Bahan Daur Ulang

Tidak ada salahnya kan membuat undangan pernikahan kalian se kreatif mungkin. Misalnya dengan memanfaatkan bahan daur ulang yang sudah tidak kalian gunakan lagi.