Jenis dan Fungsi Mesin Stone Crusher

Istilah Stone Crusher tentu masih asing di telinga masyarakat karena alat ini seringnya dipakai pada dunia pertambangan. Kegunaan dari alat ini tentu sangat vital sekali karena memudahkan pekerja untuk menghancurkan batu secara lebih efektif. Jenis dan fungsi mesin stone crusher pun berbeda-beda sehingga harus dipelajari lebih lanjut.

Dewasa ini, mesin stone crusher wajib ada di dalam dunia pertambangan. Ya, mesin tersebut mampu membuat ukuran batu menjadi lebih kecil dan tentu saja akan lebih mudah untuk dilakukan pengolahan selanjutnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai mesin ini, berikut akan disajikan informasi tentang pengertian dari mesin penghancur batu.

Definisi Mesin Stone Crusher

Mesin stone crusher jika di Indonesia disebut dengan mesin yang digunakan untuk menghancurkan batu. Namun, ukuran dari alat ini tidaklah kecil sehingga tidak cocok jika diletakkan di dalam ruangan.

Alat ini didesain untuk menghancurkan batu yang berukuran besar menjadi lebih kecil. Tujuan dari batu yang dihancurkan ini adalah agar lebih mudah untuk diolah kembali.

Ukuran dari batu yang akan dihancurkan pun bisa disesuaikan dengan kriteria yang diinginkan sehingga lebih teratur. Mesin ini juga dapat digunakan untuk memindahkan batu yang sudah hancur berdasarkan ukurannya. Ukuran yang besar akan dikumpulkan dengan ukuran besar dan berlaku untuk yang kecil pula.

Proses menghancurkan batu ini melewati beberapa tahap sehingga tidak hanya sekali saja. Tahap yang pertama biasanya dinamakan sebagai primary crusher untuk menghasilkan batu yang masih berukuran besar.

Biasanya batu tersebut dapat digunakan untuk campuran bahan bangungan. Selanjutnya disebut secondary crusher untuk menghasilkan batu yang berukuran lebih kecil.


Baca juga: Jenis-jenis Alat Berat


Jenis dan Fungsi Mesin Stone Crusher yang Sering Dicari

Ada beberapa jenis mesin stone crusher yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhannya. Jenis dan fungsi mesin stone crusher tentu tidak sama dan harus dipahami oleh pemiliknya. Agar tidak salah dalam memperlakukan mesin tersebut, berikut adalah jenis dan fungsi mesinnya yang harus diperhatikan oleh pembaca.

Jaw Crusher

Mesin ini dapat dilakukan untuk mengurangi besar butiran untuk yang pertama ali sehingga ukuran batu yang dimasukkan masih besar. Nantinya pemecahan batu dapat dilakukan menggunakan mesin yang lainnya. Batu yang cocok untuk dihancurkan menggunakan mesin ini adalah jenis batu sedimen maupun batu yang memiliki tekstur keras seperti granit. Rasio pemecahan dari batu ini adalah 6:1

Jenis dan fungsi mesin stone crusher ini langsung bisa dirasakan oleh pemakainya karena kerjanya terbukti secara nyata di lapangan. Keuntungan yang dapat diperoleh jika memanfaatkan mesin ini adalah lebih ekonomis dan tenaga yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar sehingga akan lebih menghemat energi.

Gyratory Crusher

Nama lain dari jenis alat pemecah batu ini adalah cone crusher karena bagian yang digunakan untuk memecahkan batunya memiliki bentuk Conis. Alat ini fungsinya hampir sama dengan jaw crusher, namun terdapat perbedaan yang terletak pada cara pemberian tekanannya. Dimana, alat ini memberikan tekanan yang dihasilkan dari arah bagian samping.

Hebatnya, alat pemecah ini dapat memecahkan batu yang memiliki ukuran dan bentuk tertentu. Biasanya, bentuk yang sering keluar adalah kubus dan semi uniform. Bentuk semi uniform dapat keluar karena terdapat bagian yang cekung dari cone dan juga bowl. Pecahan batu yang ukurannya sama tentu akan lebih bagus dan terlihat lebih rapi.

Impact Crusher

Impact crusher ini sering disebut dengan pemecah batu dengan cara pukulan. Jenis dan fungsi mesin stone crusher ini adalah untuk memecah batu kapur ataupun memecahkan batu yang tidak membutuhkan abrasi tinggi. Apabila digunakan untuk memecahkan batu yang lain, maka akan merasa kesusahan dan tidak maksimal.

Pemecah batu jenis ini terdiri dari jenis yaitu hammer mill dan impact breaker. Prinsip dari keduanya hampir sama yang berbeda adalah pada bagian ukuran dan juga jumlah rotornya. Jenis impact breaker mempunyai 1 hingga 2 rotor yang ukurannya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan hammer mill. Menariknya, impact breaker ini mampu menghasilkan batu yang berbentuk kubus meskipun awalnya batu tersebut berbentuk lempengan saja.

Roll Crusher

Jenis dan fungsi mesin stone crusher ini memiliki perbedaan dengan mesin penghancur yang lainnya. dimana, variasi pecahan yang dihasilkan cenderung lebih besar sehingga proses pemecahannya cenderung lebih cepat. Hasil batu yang dipecah juga dapat disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan oleh pengguna sehingga akan lebih rapi jika dilihat.

Kapasitas dalam satu kali memecahkan batu disesuaikan oleh banyak hal yaitu ukuran batunya, jenis batu, kecepatan roda, dan faktor lainnya. Pengguna tentu harus memperhatikan kapasitas maksimalnya dari alat ini agar tidak mudah rusak dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Menggunakan alat ini untuk menghancurkan batu pun sangat direkomendasikan sekali.

Stone Crusher Mini

Apabila pengguna membutuhkan alat pemecah batu yang skalanya lebih kecil, maka alat ini cocok sekali untuk digunakan. Batu-batu yang ada di sungai dengan luas area yang terbatas dapat menggunakan alat ini. Dilihat dari namanya saja sudah terlihat dengan jelas bahwa alat ini memiliki ukuran yang lebih kecil, namun tenang saja karena cara mengoperasikannya cenderung lebih mudah.

Informasi mengenai jenis dan fungsi mesin stone crusher tersebut dapat dijadikan pedoman dalam memilih mesin penghancur batu yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Pengguna mampu memperkirakan sendiri mesin mana yang layak untuk dipilih.

Poin penting selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan adalah menyediakan uang yang pas untuk dapat membeli alat tersebut. carilah toko yang terpercaya.

Tinggalkan komentar