Pengertian End Mill, Jenis, Fungsi, dan Kegunaannya

Bagi yang bergerak di bidang dunia industri permesinan mungkin mengenal istilah End Mill. Fungsi End Mill dan kegunaannya dalam dunia Industri cukup banyak. Tak heran jika banyak industri yang menggunakan End Mill pada mesin Miling CNC miliknya.

Tapi sebenarnya apa itu End Mill? Serta apa fungsi dan kegunaan End Mill pada dunia industri? Untuk yang ingin membedah lengkap seputar End Mill sebaiknya simak informasi yang akan dipaparkan di bawah ini.

Pengertian End Mill?

Sebelum beranjak lebih lanjut membahas fungsi End Mill dan kegunaannya sekarang akan membahas dulu apa itu End Mill. Sebenarnya End Mill merupakan nama jenis mata pisau.

Bentuk mata pisau yang satu ini hampir serupa dengan mata bor. Tapi, bedanya dengan mata bor adalah End Mill masuk ke dalam Miling Cutter.

Kehadiran End Mill menjadi primadona untuk para pengguna mesin Milling CNC vertikal, karena kemampuannya dinilai lebih baik jika dibanding jenis mata pisau lainnya. Ada banyak jenis End Mill yang desainnya beragam, yang semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya.

End Mill dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pada bagian shank yang berfungsi sebagai penompang mesin. Lalu ada bagian leher sebagai penghubung antara shank dengan pemotong, serta di bagian ujung ada pemotong. Pada pinggiran End Mill juga terdapat gigi pemotong. Tak hanya terletak di pinggir, gigi pemotong ini juga ada di bagian ujung.

Fungsi Pisau End Mill dan Kegunaannya

Fungsi Pisau End Mill dan Kegunaannya

Setelah membahas apa itu End Mill sekarang akan membedah lebih lengkap fungsi End Mill dan kegunaannya. Secara umum fungsi End Mill adalah sebagai alat pemotong dalam proses milling.

Apa itu proses milling? Jadi proses milling adalah proses pemotongan material menggunakan alat potong dengan banyak mata pisau yang bergerak dengan berputar.

End Mill dirancang khusus sehingga mampu melintasi bidang permukaan yang dijadikan objek pemotongan. Nantinya seiring pergerakan itu End Mill melakukan pemotongan permukaan objek sesuai dengan rancangan potongan yang telah dilakukan. Hasil dari potongan-potongan tersebut akan menampilkan objek dengan desain 3D.

Pada End Mill, mata potong yang banyak membuatnya mampu memotong ke semua arah. Tapi, kemampuan End Mill ini juga didasarkan apda jenis End Mill yang digunakan. Beberapa jenis End Mill memiliki kemampuan terbatas dan fungsi spesifik yang berbeda.

Misalnya saja ada End Mill yang tujuannya untuk memotong bagian tengah objek dan objek lain selain pada bagian tengah. Selain itu juga terdapat berbagai jenis End Mill lain yang diprogram khusus dengan kemampuan berbeda-beda. Seperti End Mill untuk membuat celah dengan bentuk T pada bagian objek yang dikenal dengan Endmil T-Slot.

Untuk menghasilkan potongan yang bagus, ada standar tersendiri yang dimiliki End Mill. Salah satunya adalah pemasangan holder yang sesuai. Selain itu juga harus diperhatikan bahan yang digunakan membuat End Mill serta harus diperhatikan material coating yang dimilikinya.

Standar yang diberikan bertujuan memaksimalkan fungsi End Mill serta mencegah kerusakan seperti patahnya End Mill hingga dampak sampingan seperti suara potongan yang berlebihan.

Jenis End Mill Menurut Bentuknya

Jenis pisau end mill

Ada berbagai jenis bentuk pisau End Mill. Setiap pisau memiliki karakteristik masing-masing dan kegunaan pemotongannya juga beragam.

Nah, setelah membahas fungsi End Mill dan kegunaannya, sekarang saatnya membedah lengkap terkait dengan jenis End Mild menurut bentuknya, sebagai berikut:

End Mill Chamfer

Jenis End Mill yang pertama akan dibahas adalah End Mill dengan bentuk menyerupai huruf V. End Mill dengan jenis ini biasanya memiliki 2 jenis sudut, yaitu sudut 90 serta sudut 60 derajat.

Kegunaan End Mill Chamfer adalah untuk proses pemotongan jenis bevelling, spotting, serta countersinking, dan beberapa jenis pemotongan lainnya.

Model End Mill Bola

Selanjutnya ada juga jenis End Mill bola. Seperti namanya End Mill yang satu ini pada ujungnya memiliki bentuk bulat menyerupai bola atau sering disebut ball nose.

Penggunaan End Mill Bola biasanya ditujukkan untuk pengeboran lubang-lubang dangkal hingga membuat motif permukaan yang tampak multi dimensi.

Varian End Mill Persegi

Untuk proses milling umum biasanya jenis End Mill yang digunakan adalah yang berbentuk persegi. Pada bagian ujung pisau End Mill ini memang menyerupai kotak dengan mata pisau yang memutar seperti End Mill pada jenis lain.

Biasanya End Mill ini fungsinya sebagai pisau untuk pembersihan hingga finishing pada permukaan yang vertikal maupun horizontal.

Jenis End Mill Round Corner

Jika sebelumnya ada End Mill Bola sekarang saatnya membahas jenis End Mill yang lain, yaitu End Mill Round Corner. Fungsi dari End Mill Round Corner adalah untuk menghilangkan bagian tepi yang tajam dari objek yang dipotong.

Selain itu, End Mill Round Corner juga dapat digunakan untuk menambahkan radius pada objek-objek yang dipotong.

Ragam End Mill Radius

Pada jenis End Mill kelima ada End Mill Radius atau juga dikenal dengan End Mill Bull-end.

Ujung pada End Mill ini bentuknya cenderung bulat. Kekuatan End Mill Radius ada bagian sisi pisau lebih kuat jika dibandingkan jenis End Mill persegi yang biasa digunakan.

Sisi pisau yang lebih kuat ternyata berpengaruh terhadap masa pakai alat yang lebih lama jika dibandingkan jenis End Mill lain.

Selain itu, End Mill ini juga dipercaya meningkatkan produktivitas, karena ujungnya yang tajam.

Itulah penjelasan lengkap mengenai End Mill. Mulai dari apa itu End Mill, fungsi End Mill dan kegunaannya serta berbagai jenis End Mill yang masing-masing memiliki karakteristik berbeda.

Kemunculan End Mill membantu mengefektifkan biaya produksi, karena proses pemotongan dengan menggunakan End Mill dinilai lebih cepat dan presisi.

Tinggalkan komentar