Cara Merawat Anakan Burung Lovebird Usia 15 Hari – 3 Bulan

Merawat burung lovebird anakan hingga dewasa dan bisa juara tentu akan ada rasa kepuasan batin tersendiri.

Masalahnya, apakah bisa? Agar bisa yuk kita simak penjelasan di bawah ini.

Oiya, pada topik sebelumnya saya sudah membahas jenis burung lovebird secara detail dan lengkap. Kamu bisa mengunjungi link berwarna biru di atas.

1. Cara Merawat Anakan Lovebird Hingga Dewasa

Apabila kamu tertarik bergelut di dunia breeding, sepertinya trik dan tips ini perlu dipelajari secara mendalam. Karena akan sangat membantu ketika di perjalanan karier nanti.

Pertama-tama, sebaiknya proses penyapihan pada piyik lovebird itu dilakukan pada umur 15 hari. Sebab akan lebih memudahkan kamu nanti saat memberi makan.

Seperti burung lainnya, bayi lovebird akan sangat rentan kesehatannya karena belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna.

Adapun gejala yang biasanya terjadi yaitu burung mengalami masalah pencernaan, muntah, lesu, berat badan berkurang, dan berhentinya cairan tembolok.

Untuk menjaga dari semua hal di atas setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1.1. Proses Pemberian Makanan

Makanan akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhannya, untuk makanan sebaiknya memiliki suhu ±39ºc.

Karena jika pakan terlalu panas maka akan timbul kurangnya nafsu makan atau bahkan temboloknya merasa terbakar. Sebaliknya apabila pakan terlalu dingin lovebird akan malas makan.

Tips apabila kamu meracik makanan untuk banyak burung dan makanan tersebut keburu dingin, hendaknya dihangatkan terlebih dahulu. Dengan cara, rendamkan wadah pakan tersebut ke dalam air hangat.

Tips apabila piyikan ada banyak maka prioritas utama pemberian pakan yaitu kepada si piyik yang paling kecil.

#Kualitas Pakan

Selain pemberian pakan yang bagus, kamu juga wajib meloloh anakan secara benar yaitu dengan perbandingan takaran 10% dari berat badan piyik (di setiap makan). Oleh sebab itu penting dirasa untuk mempunyai timbangan.

#Takaran Pakan

Jumlah banyak sedikitnya pemberian pakan dan tekstur kekentalan makanan tergantung pada umur lovebird sendiri. Secara garis besar, anakan yang baru menetas membutuhkan makanan lebih encer, sehingga pemberian pakan lebih sering diberikan.

Baiknya, di minggu pertama anakan lovebird diberi makan tiap 2 jam sekali. Kemudian setelah lewat seminggu, baru adonan dibuat lebih kental dan pemberian pakan dilakukan menjadi 4-5 jam sekali.

Acuan penting dalam pemberian pakan yang bisa kamu gunakan yaitu pada saat tembolok burung kosong. Prinsipnya, sebelum pemberian pakan yaitu tembolok harus kosong terlebih dahulu.

Untuk pemberian pakan di malam hari sebaiknya tidak dilakukan. Karena piyik lovebird mampu melewati 7 jam saat malam hari tanpa harus makan, dengan asumsi bahwa nutrisi pada makanan saat siang cukup tinggi dan temperatur kelembaban inkubator optimal.

Jarak makan lama tersebut baik dilakukan karena esok hari tembolok dalam keadaan kosong.

#Lovebird Usia 15-30 Hari

Pelolohan dilakukan setiap 5 jam sekali pada burung lovebird usia 15-30 hari / satu bulan (5x sehari).

#Lovebird Usia 1-2 Bulan

Untuk lovebird usia 1-2 bulan pelolohan dikurangi menjadi 4x dalam sehari.

#Lovebird Usia 2-3 Bulan

Burung lovebird masuk usia 2-3 bulan biasanya sudah mulai mecah milet dan bisa makan sendiri. Walaupun sesekali harus dibantu dengan spet.

1.2. Peralatan

Setidaknya kamu harus mempunyai 2 alat ini untuk menunjang bayi burung lovebird.

#Hand Feed (Pakan Tangan)

Alat pakan tangan bisa menggunakan sendok, suntikan, tube, atau yang semisal.

Sebaiknya gunakan 2 set atau lebih alat untuk memberi makan, tujuannya agar setiap selesai digunakan bisa langsung menggunakan alat lainnya tanpa harus menunggu kering.

Untuk alat yang sudah dibersihkan jika perlu semprotkan disinfektan agar virus dan bakteri hilang. Penggunaan dilakukan pada saat alat sudah benar-benar kering dari disinfektan.

#Inkubator

Suhu inkubator untuk anakan lovebird yang baik yaitu 22ºC, agar si piyik tidak kedinginan saat pemberian makan. Sedangkan untuk letak inkubator sebaiknya diletakkan di ruangan khusus atau terpisah dengan burung lain.

Disarankan untuk menggunakan inkubator agak gelap, berguna untuk menenangkan anakan lovebird. Kelembaban yang dibutuhkan yaitu sekitar 60-70%.

Apabila kamu menggunakan inkubator yang memiliki rambatan panas maka pastikan di sana terdapat ventilasi, kelembaban harus lebih tinggi agar burung tidak dehidrasi.

1.3. Penanganan

Penanganan dalam pemberian pakan harus telaten, pencampuran harus rata. Sebab adonan yang kurang merata akan menghalangi proses keluarnya dari suntikan danikti jika ditbekan kencang takut burung tersendak.

Kamu harus bisa menenangkan bayi lovebird supaya tidak menolak saat pemberian makan.

Kamu juga bisa melakukan rangsangan dengan cara menarik lehernya sedikit atau menempelkan perlahan paruhnya supaya anakan lovebird piyek-piyek meminta suapan.

Setelah burung kenyang, jangan lupa untuk membersihkan paruh dan bulunya terhadap sisa-sisa makanan yang menempel.

Itulah proses perawatan burung lovebird anakan hingga menjadi lovebird paud dan akan tumbuh menjadi dewasa.

Macam-macam Burung Kicau yang Ada di Dunia

Tinggalkan komentar