Cara Membuat Hand Sanitizer

Untuk memperlambat penyebaran virus corona, kita dianjurkan selalu membersihkan tangan, salah satunya dengan cara mencucinya dengan hand sanitizer.

Informasi membuat masyarakat terburu-buru, akibatnya produk-produk hand sanitizer ludes diborong, namun sangat disayangkan beberapa oknum memanfaatkan kondisi seperti ini hanya untuk menambah keuntungan semata.

Biar kamu nggak jadi santapan gurih mereka, mending buat sendiri.

Racikan Bahan Membuat Hand Sanitizer

cara membuat hand sanitizer

Bahan-bahan

  • Air steril
  • Hidrogen peroksida 3%
  • Gliserol 98%
  • Etanol 96%

Alat yang Dibutuhkan

  • Gelas ukur 1000ml, 50ml, 25ml
  • Batang pengaduk
  • Becker glass
  • Botol kaca

Cara Pembuatan

  1. Sejumlah 833 ml etanol 96% dimasukkan ke dalam gelas ukur 1000ml
  2. Tambahkan 41,7ml hidrogen peroksida 3% ke dalam gelas ukur berisi etanol tersebut
  3. Tambahkan 14,5ml gliserol 98% menggunakan gelas ukur dan pastikan sisa gliserol tidak tertinggal, bilaslah dengan air
  4. Tambahkan air hingga 1000ml, aduk hingga homogen
  5. Pindahkan campuran ke dalam botol kaca bersih
  6. Simpan selama 72 jam untuk memastikan tidak ada kontaminasi organisme dari wadah botol
  7. Hand sanitizer siap digunakan

Sumber: BPOM Infografis & Ilustrasi

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

  • Campurkan ke dalam mangkuk
  • 2/3 gelas alkohol gosok (99% alkohol isopropil)
  • 1/3 gelas gel lidah buaya
  • Aduk dan tuangkan ke dalam botol
  • Kocok setiap akan digunakan

Lidah buaya merupakan pelembap yang akan menjaga kelembapan kuliatmu, itu akan sangat berguna karena kekeringan kulit dapat meningkatkan resiko infeksi bakteri.

Bahan aktif utama dalam senitizer adalah isopropil alkohol (isopropanol). Sebagian besar hand sanitizer mengandung etano, isopropanol, n-propanol, atau kombinasi antara keduanya.

Campuran 60%-80% alkohol mampu membunuh mikroorganisme, sehingga kadar alkohol 66% dalam cara ini terlihat benar jika menggunakan alkohol murni.

Seperti yang sering kita lihat di pasaran biasanya memiliki kadar 50%-70% itu untuk digunakan langsung pada permukaan. Mencampur yang 70% dengan lidah buaya akan membuat kadarnya terlalu rendah.

Perbandingan Formulasi Ala WHO

Bagaimana formulasi buatan sendiri dibandingkan formulasi buatan WHO? Tidak terlalu buruk kok, karena keduanya mengandung bahan aktif beralkohol dan emolien. Mungkin masalahnya kadar alkohol 66% mengarah ke arah kurang efektif.

Menurut penelitian bahwa kandungan alkohol yang lebih tinggi akan bekerja lebih baik, dan kita tahu bahwa 75% isopropanol WHO atau 80% formulasi etanol dapat membunuh virus corona lainnya.

Produk-produk buatan rumah mungkin tidak seefektif formulasi milik WHO. Di sisi lain, beberapa hand sanitizer mengandung sedikitnya 67% alkohol, jadi produk buatan rumah ini akan lebih baik dari itu.

Jika kamu ingin membuat hand sanitizer sendiri hendaknya memodifikasi ke dua cara tersebut (Formulasi sendiri dan WHO) menaikkan kadar alkohol gosok ke konsentrasi yang direkomendasikan WHO:

Tiga perempat gelas isopropanol dan seperempat gelas gel lidah buaya. Kamu bisa mengganti gliserol dengan gel lidah buaya, namun baunya tidak enak.

Selalu ikuti instruksi keselamatan pada alkohol apa pun yang kamu gunakan.

Ingat ini hanya untuk membersihkan tangan, tidak untuk mandi, dan jangan meminumnya.

 

Tinggalkan komentar

block ID 9086 : www.alihamdan.id#2