Klasifikasi dan Jenis-jenis Bunga Mawar (Gambar Lengkap)

Bungawa mawar adalah salah satu bunga favorit di dunia. Mawar merah sering digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta seseorang kepada pasangannya.

Selain itu, bunga mawar juga banyak diambil manfaatnya sebagai bunga potong dan sebagai bahan perawatan kulit juga minyak wangi.

1. Klasifikasi Bunga Mawar

Berikut adalah klasifikasi tanaman mawar singkat padat jelas:

  • Nama ilmiah: Rosa
  • Famili: Rosaceae
  • Subfamili: Rosaceae
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Ordo: Rosales
  • Genus: Rosa L
  • Kerajaan: Plantae
  • Spesies antara 100-150

2. Jenis-jenis Bunga Mawar

Jenis bunga mawar terbagi menjadi beberpa kelompok yaitu:

2.1. Wild Rosess

Gambar bunga mawar wild roses
© Julita Pasja1000

Wild roses merupakan mawar liar yang tidak mengalami proses pemuliaan. Biasanya tumbuh liar dan memiliki bentuk sederhana.

2.2. Old Garden Roses

Gambar bunga mawar old golden roses
© Gabriele Lässer

Old garden roses merupakan hasil perilangan dari beberapa mawar liar yang dilakukan sebelum tahun 1867 (sebelum Hybrid Tea diperkenalkan).

Bunga yang dihasilkan dari kelompok ini memiliki aroma harum dan bentuk unik antara lain: Mawar alba, Damask, Centifolia, Tea, dan Portland.

2.3. Modern Garden Roses

Bunga mawar modern gorden roses
© Melancholia Photography

Modern garden roses merupakan mawar yang dihasilkan dari proses persilangan setelah tahun 1867, bentuk bunganya semakin beragam.

Pada kelomok ini terpecah menjadi dua yaitu Hybrid Tea (setiap satu tangkainya dapat menghasilkan 6 tangkai bunga) dan Floribunda (memiliki bunga kecil-kecil).

2.4. English Roses

Bunga mawar english roses
© Jürgen

English roses merupakan persilangan antara old garden roses dan modern garden roses (dalam satu tahun dapat berbunga berkali-kali dan memiliki harum semerbak).

2.5. Climbing Roses

Bunga mawar rambat (climbing roses)
© Светлана  

Climbing roses dapat tumbuh merambat pada dinding, tiang, maupun pagar. Beberapa mawar yang masuk kedalam kelompok ini yaitu: Ayrshire, Noisette, Climbing tea, dan Climbing Burbon.

2.6. Shrub Roses

Bunga mawar shrub rose
© Gardendesign.com

Mawar shrub tumbuh di semak semi merambat. Mawar dalam kelompok ini biasanya memiliki bunga ukurannya relatif kecil.

3. Manfaat Bunga Mawar

Bunga mawar memiliki kandungan senyawa yang baik oleh karena itu ia memiliki banyak manfaat antara lain:

3.1. Membuat Parfum

Mungkin sebagian besar orang sudah mengetahui hal ini, bahwa ekstrak bunga mawar dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum.

3.2. Bahan Relaksasi

Aroma wangi yang dihasilkan oleh bunga mawar dapat menghilangkan stres dan kamu akan lebih rileks setelah menikmati aroma wanginya.

Jika kamu sedang mengalami tekanan dalam hidup yang menyebabkan sulit tidur maka cobalah nyalakan lilin dan tebarkan aroma mawar di kamar tidur.

3.3. Mencerahkan Kulit

Bunga mawar mengandung vitamin C, E, dan B yang tinggi, maka dari itu ia dapat dimanfaatkan untuk kecantikan kulit terutama wajah.

Dengan rutin memanfaatkan air mawar untuk membersihkan wajah maka kamu akan memiliki wajah putih bersih dan terlihat awet muda.

3.4. Meningkatkan Imunitas

Vitamin dan antioksidan yang terkandung pada bunga mawar dapat membantu tubuh dalam melawan virus, bakteri, dan radikal bebas lainnya. Sehingga, imunitas atau daya tahan tubuh anda akan semakin meningkat dan Anda tidak mudah sakit.

3.5. Mengatasi Nyeri

Kamu dapat memanfaatkan mawar untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan teh, minumlah maka rasa nyeri, sakit kepala, dan sakit gigi akan teratasi.

3.6. Bahan Membuat Makanan

Beberapa jenis mawar memiliki buah yang disebut rose hips, bersama kelompaknya ia dapat digunakan sebagai bahan pembuatan selai.

Selai bunga mawar sangat bergizi karena mengandung vitamin C dan antioksidan, selain itu rasanya juga enak.

Tak hanya itu, kelompak mawar juga dapat digunakan sebagai bahan membuat naugat, baklava, dan salad.

4. Faktar Tentang Bunga Mawar

Mawar adalah tumbuhan semak dari genus Rosa yang mempunyai lebih dari 100 spesies dengan warna dan ukuran berbeda.

Mawar juga termasuk tanaman tertua di dunia, dulu Bangsa Romawi menggunakannya untuk berbagai tujuan seperti membuat obat, bahan makanan, dan hiasan.

Tanaman bunga yang banyak tumbuh di iklim sejuk daerah belahan bumi bagian utara ini sudah banyak mengalami proses pemuliaan tanaman.

Dari proses ini, terciptalah mawar-mawar yang berukuran lebih besar, lebih cantik, lebih atau kurang harum, dan tanpa duri.

Keindahan dan keharuman bunga ini membuatnya sebagai bunga potong yang paling diminati dan paling laku.

Beberapa warna mawar potong yang populer adalah merah, kuning, putih serta pink. Setiap warna tersebut memiliki simbolisasi yang berbeda-beda.

Mawar merah sering digunakan untuk menyimbolkan cinta yang bergairah, mawar kuning untuk persahabatan, mawar putih untuk kesucian, dan mawar pink untuk cinta yang bersemi.

Beberapa negara memperoleh penghasilan besar dari pertanian tanaman bunga ini. Mereka mendapat keuntungan dari menjualnya sebagai bunga potong. Selain itu, mereka juga memperoleh pendapatan karena mengekstrak minyaknya.

Untuk membuat 1 gr minyak mawar, diperlukan ribuan bunga ini. Jadi, tak heran jika harga minyak ini mahal.

Yang perlu kamu ketahui bahwa tidak semua spesies dapat dijadikan minyak. Hanya jenis mawar yang berbau kuat dan bermahkota banyak yang bisa disuling.

Itulah beberapa deskripsi tanaman bunga mawar yang bisa kami ulas. Silahkan beri tanggapan di kolom komentar.

Tinggalkan komentar