Bunga Lily

Bunga Lily terkenal sebagai salah satu tanaman hias yang memiliki beragam warna, ada putih, kuning, merah, dan lain sebagainya.

Selain Lily ia juga dikenal dengan sebutan Bunga Bakung, Bunga Lily mudah dikembangbiakkan di wilayah tropis maupun subtropis.

Jenis-jenis Bunga Lily

Seperti yang telah dijelaskan bahwa jenis bunga ini ada banyak. Beberapa di antaranya mungkin sudah familiar di masyarakat namun banyak juga yang masih jarang diketahui.

Untuk bisa menentukan bunga seperti apa yang hendak kamu tanam, ada baiknya kenali berbagai perbedaan dari jenis bunga ini.

1. Lily liana

Bunga Lily Liana
© lilymoo.wordpress.com

Bunga yang satu ini berbentuk terompet dan berwarna putih. Bunga ini merupakan jenis lili yang paling umum dikenali di masyarakat.

Bunga ini juga mengeluarkan aroma sedap, dengan batang yang kuat dan penampakan umbi tidak dominan. Anda bisa dengan mudah menemukan jenis lili ini di masyarakat.

2. Lily liani

Gambar Bunga Lily Liani
© GoFundMe.com

Bunga ini juga berbentuk terompet dengan kecenderungan mendatar. Inilah yang membedakan dengan varietas yang sebelumnya.

Jika pada varietas ini bentuknya cenderung mendatar, maka pada varietas sebelumnya bentuknya cenderung tegak. Secara sifat, masih sama karena sama-sama bisa beradaptasi di lingkungan dataran rendah maupun dataran tinggi.

3. Lily renita

Gambar Bunga Lily Renita
© balithi.litbang.pertanian.go.id

Jenis bunga yang satu ini jelas berbeda dengan kedua bunga sebelumnya. Bunga ini memiliki warna kelopak yaitu kuning terang dimana bunga sebelumnya berbentuk terompet berwarna putih.

Masih sama dengan jenis sebelumnya, bunga ini juga mengeluarkan aroma wangi dan kecenderungan pertumbuhan batangnya tegak.

4. Lily renito

Bunganya mirip seperti lily renita

Jenis ini hampir sama dengan jenis renita, namun warna oranye yang dimiliki agak berbeda. Perbedaan paling menonjol lainnya adalah bunga ini tidak mengeluarkan aroma apapun.

Namun secara keseluruhan bunga ini memiliki kemiripan dengan bunga sebelumnya dari mulai sifat tanaman dan karakter batang serta umbinya.

5. Lily reniti

Bunganya mirip seperti lilt renita

Bunga ini berbentuk mangkuk dengan kecenderungan tegak, warnanya oranye namun memiliki perbedaan dengan kedua bunga lili oranye sebelumnya.

Batang dari tanaman ini kuat dan daunnya hijau mengumpul. Untuk sifat dan ketahanannya masih sama dengan bunga sebelumnya.

6. Lily arumsari

Bunga ini berwarna putih dan berbentuk terompet dengan kecenderungan bunga tegak hingga mendatar. Sifat dan ketahanannya masih sama dan bunga ini bisa di budidayakan dalam kondisi outdoor.

7. Lily delini

Bunga ini bentuknya mangkuk berwarna kuning terang. Yang paling menonjol dari bunga ini dan membedakan bunga ini dengan bunga lainnya adalah adanya noktah berwarna merah pada kelapa.

Pertumbuhan bunga ini kecenderungannya etgak dan mampu ditanam di dataran tinggi maupun rendah.

8. Lily renata

Bunga ini berbentuk mangkuk berwarna oranye dengan tipe tandan umbelatte.

Tinggi tanaman maksimal bisa mencapai 128 cm, dengan ketahanan yang baik di wilayah dataran rendah maupun tinggi. Umbinya tidak dorman dan batangnya yang kokoh.

9. Lily delina

Bentuk bunganya yaitu mangkuk dengan kelopaknya berwarna kuning. Erdapat nokath dengan warna kontras yatu merah ungu pada bagian kelopak bunga.

Bunga varietas ini tidak mengeluarkan aroma seperti lazimnya bunga lili.

10. Lily delino

Bentuk bunganya menyerupai piring dengan warna kelopaknya yaitu kuning dan dihiasi denga noktah pada bagian tepala yang berwarna ungu.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga 90 cm panjang batang.

11. Lily deloren

Bunga mangkuk berwarna oranye yang bisa tumbuh hingga sepanjang 70 cm. Pertumbuhan bunga ini memiliki kecenderungan tegak.

12. Lily candilongi

Bentuk bunga menyerupai terompet dengan warna kelopak yaitu putih, kecenderungan pertumbuhan tegak hingga agak tegak dan mampu tumbuh hingga panjang 85 cm.

Bunga ini bisa Anda kembang biakkan secara outdoor dan pertumbuhannya bisa melalui biji serta kuat dan bertahan terhadap lingkungan dengan kapasitas cahaya rendah.

13. Lily formolongi

Bentuk bunganya seperti terompet dan warna mahkotanya adalah putih dengan kecenderungan pertumbuhan mendatar.

Bisa tumbuh di outdoor dan juga bisa dikembangbiakkan dengan biji. Mampu tumbuh hingga mencapai panjang 125 cm serta bisa ditanam di wilayah dataran rendah maupun tinggi.


Lihat: Macam-macam Bunga Tulip


Cara Menanam dan Merawat Bunga Lily

Terdapat beberapa fase dalam proses penanaman lili. Fase-fase ini harus Anda perhatikan agar bisa menumbuhkan tanaman lili dengan sempurna.

Pada tiap fase ada beberapa syarat kondisi tanaman yang harus Anda penuhi. Apa saja tahapan mengembangbiakkan bunga ini? Berikut ini beberapa langkahnya:

1. Pembibitan

Pilihlah bibit dari umbi bunga yang berkualitas. Anda bisa mengambil bibitnya ehari sebelum berencana menanam bunga tersebut.

Karena, setelah bibit sudah ada di tangan anda, harus dilakukan perendaman terlebih dahulu selama kurang lebih 24 jam untuk bisa mempersiapkan bibit tersebut cepat tumbuh. Jangan lupa disemaikan setelah direndam dalam air.

2. Penanaman

Proses ini baru bisa dijalankan ketika umbi yang disemai sudah mulai menunjukkan adanya pertumbuhan tunas. Pindahkan ke media tanam.

Jika ingin menggunakan media tanam campuran, maka pastikan perbandingan antara tanah, kompos dan pasir sebesar 1:1:1.

Setelah itu, Anda harus memperhatikan juga waktu pemindahan tunas ini sebainya dilakukan ketika pagi atau sore sehingga tidak terkena terik matahari yang terlalu panas.

3. Perawatan

Pada proses ini yang paling perlu diperhatikan adalah mengenai konsistensi Anda dalam menyiram tanaman yang sebaiknya rutin dilakukan.

Jangan lupa uga untuk mencabut berbagai gulma di sekitar tanaman.

Apa saja khasiat dari bunga lili? Berikut ini beberapa daftar manfaat yang bisa Anda peroleh dari bunga hias yang satu ini.

Manfaat Bunga Lily

Jika berminat untuk mengembangbiakkan tanaman hias maka kamu patut berbahagia dan mempertahankan minat tersebut, karena selain bunga hias lily juga dikenal memiliki beragam manfaat terutama dalam dunia kesehatan.

Pengobatan herbal menggunakan bunga ini ternyata juga cukup terkenal. Lalu, apa saja khasiat yang diberikan oleh bunga lily?

  • Baik untuk kesehatan jantung
  • Bisa menekan dan mengurangi stress dalam diri
  • Mampu memberikan efek positif dengan meningkatkan fungsi saraf
  • Baik untuk melancarkan pencernaan
  • Bermanfaat dalam proses pernapasan
  • Membantu meringankan infeksi saluran kandung kemih
  • Dapat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh
  • Sering digunakan untuk obat oles
  • Bisa menurunkan demam tubuh

Bagaimana, apakah tertarik untuk mulai menanam bunga lily di pekarangan rumah?

Dalam memilih tumbuhan hias, banyak orang mempertimbangkan mengenai estetika dan juga warna mahkota bunganya yang enak dipandang.

Namun, jika bunga hias yang kamu tanam bisa memberikan khasiat lain terutama dalam hal kesehatan, tentu akan jauh lebih berarti dan memberikan nilai lebih terhadap aktivitas bercocok tanam.

Untuk itu, menanam lily merupakan salah satu langkah tepat yang bisa membuat rumah terlihat indah sekaligus bisa memberikan efek positif terhadap kesehatan anggota keluarga di rumah.

Baca Artikel Selanjutnya: Tanaman mahal cepat panen

Tinggalkan komentar